MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

Dialog Pilar Negara di MPR dengan tema Ketahanan Ekonomi dalam Konteks 4 Pilar, membahas Tantangan Ekonomi Indonesia kedepan dengan narasumber Prof.Rizal Ramli, Dr.Arif Budimanta dan Wakil Ketua MPR RI.

image

Berita Swara resi hari senin Tanggal 9 September 2013 di Gedung MPR Senayan. Dr. Arif Budimanta menguraikan adanya ketidakpastian global yang cenderung pertumbuhan ekonomi menurun dibanyak negara didunia. bagi indonesia sendiri menyebabkan Pelemahan nilai tukar rupiah dan adanya utang Luar Negeri yang tidak terkendali dengan indikasi beban utang jk pendek mencapai 55,7% dari cadangan devisa RI disamping Devisit Neraca Perdagangan. Kesimpulannya al. Utang Luar Negeri Indonesia sudah sangat memperihatinkan dan tidak terkendali, sehingga sewaktu-waktu bisa menyebabkan krisis dan sulit terdeteksi.. untuk itu perlu dipahami dan hindari terjadinya dynamic Inconsistency dengan perlu hati-hati menaikkan suku bunga acuan.

selengkapnya...

Mon, 9 Sep 2013 @15:11

Kementerian Lingkungan Hidup dan Mahkamah Agung menyelenggarakan diklat sertifikasi Hakim lingkungan Hidup di Cisarua Bogor.Upaya Meningkatkan Efektifitas Penegakan Hukum Lingkungan. Acara berlangsung tanggal 4 sd 14 September 2013.

image

Berita Swararesi Hari Kamis Tanggal 5 September 2013/Rilis Humas KLH' Pelatihan diikuti oleh 130 Hakim dari 3 Angkatan memberikan pemahaman yang lebih mendalam dalam menangani perkara pidana,perdata dan tata usaha negara dibidang Lingkungan Hidup.Pelatihan dilaksanankan di Diklat Mahkamah agung Cisarua.Bogor.

selengkapnya...

Fri, 6 Sep 2013 @00:35

SEJUMLAH anggota Komisi IX DPR RI menilai Instruksi Presiden (Inpres) tentang Upah Minimum 2014 telah melanggar UU Ketenagakerjaan dan Permenakertrans No. 13 tahun 2013. Menurut mereka, inpres ini telah mereduksi sejumlah pasal di UU Ketenagakerjaan.

image

Berita Foto Swararesi Hari Selasa 3-9-2013. Senayan - Sejumlah anggota Komisi IX DPR RI menilai Instruksi Presiden (Inpres) tentang Upah Minimum 2014 telah melanggar UU Ketenagakerjaan dan Permenakertrans No. 13 tahun 2013. Menurut mereka, inpres ini telah mereduksi sejumlah pasal di UU Ketenagakerjaan. "Saya melihat inpres tersebut melanggar UU 13/2003, upah berdasarkan hidup layak pada pasal 8 direduksi inpres 2014 berdasarkan inflasi plus 10 persen," kata Anggota Komisi IX Indra saat melakukan interupsi dalam Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (3/9). Legislator PKS ini menilai, apa yang dilakukan Presiden telah melewati kewenangannya. Apalagi untuk upah, itu ditetapkan oleh Gubernur. "Saya berharap kepada pemerintah agar kenaikan upah berdasarkan pada UU yang ada," tandas Indra. Indra menegaskan, inpres tersebut merupakan bentuk ketidakberpihakan pemerintah terhadap buruh. Makanya, rencananya pada tanggal 5 September buruh akan turun jalan. "Inilah kekecewaan buruh," kat

selengkapnya...

Wed, 4 Sep 2013 @14:10

Ketua Asean Blogger Community Indonesia Iwan Brotoseno Apresiasi rencana Mediawatch melakukan kerjasama dengan Organisasi Blogger untuk ikut aktif menjadi pemantau media sesuai amanat konstitusi, jelang pesta Demokrasi Pemilu 2014.

image

BERITA FOTO SWARARESI Hari Sabtu Tanggal 24 Agustus 2013 di Gedung Pusdiklat Kementerian Luar negeri. Acara "Asean Conectivity Menuju komunitas Ekonomi Asean 2015 : Peran dan kontribusi Blogger dan Social media dalam menghadapi Integrasi Ekonomi Asea, Acara dibuka resmi oleh menteri komunikasi dan Informatika Tifatul sembiring.

selengkapnya...

Sat, 24 Aug 2013 @22:01

Quo Vadis, Acara Rakor Kementerian Luar Negeri diKongres Diaspora tentang Perlindungan WNI diwarnai aroma curi start kampanye oleh salah satu narasumber dan disambut pekikan hidup Jokowi Capres 2014 oleh salah satu Pengurus Inti LSM Migran.

image

Berita Foto Swararesi Hari Senin Tanggal 19 Agustus 2013. Di JCC Senayan Jakarta. Kejadian yang berbau kampanye dari salah satu narasumber seharusnya dihindari karena acara Rakor ini dibiayai Negara dan seharusnya bebas dari aroma kampanye pra Pemilu 2014.

selengkapnya...

Fri, 23 Aug 2013 @11:18

Peserta Rakornas 2013, Perlindungan WNI dengan 57 Perwakilan RI dan Diaspora Indonesia serta Pemda,Akademisi,Media dan LSM,untuk tingkatkan koordinasi dan sinergi antara Kemlu (garda terdepan perlindungan WNI di Luar Negeri)

image

Berita Swararesi hari Minggu 18 Agustus 2013. Acara Rakornas 2013 Perlindungan WNI bertempat di JCC Senayan di organisisr oleh Direktorat Perlindungan WNI dan BHI.

selengkapnya...

Sun, 18 Aug 2013 @14:43

Menteri Kominfo Tifatul Sembiring mengapresiasi adanya inisiatif dan laporan Mediawatch ke Presiden RI dan Komisi I DPR RI, untuk mengoptimalkan perannya sesuai UU Pers pasal 17 untuk memantau Media khususnya mengadakan rating media independent.

image

Berita Foto Swararesi,Hari Jumat Tanggal 16 Agustus 2013.(Foto Istimewa). Usai menghadiri Sidang Paripurna Gabungan DPR-DPD RI Menteri Kominfo Tifatul Sembiring ketika ditemui Koordinator Mediawatch Swararesi Drs.Ec.Ferdinand L Tobing MBA, mendukung inisiatif Mediawatch yang menjelang Pemilu 2014 akan bekerja lebih optimal dengan melakukan beberapa kegiatan sesuai yang diamanatkan oleh UU Pers pasal 17 tentang peran Mediawatch. yaitu antara lain sosialisasi ke Perguruan Tinggi, Riset dan Kajian,Pembentukan Sekretariat Otonom dan membentuk lembaga Rating Independent. Usulan ini sebelumnya dilayangkan ke Presiden RI, Dewan Pers dan Komisi I DPR RI. Pemerintah melalui KemenSekneg mendisposisikan surat ke Presiden Ke Dirjen PPI Kemenkominfo untuk Alokasi Anggaran Kegiatan masuk dalam RAPBN 2014.Diharapkan kegamangan Dewanpers untuk membentuk sekretariat otonom Mediawatch terpecahkan untuk menghilangkan konotasi "Jeruk makan jeruk".

selengkapnya...

Fri, 16 Aug 2013 @13:09

Ketua Dewan Perwakilan Daerah -DPD RI Irman Gusman merasa lega dan gembira telah berhasil sebagai penyelenggara Sidang Gabungan DPR-DPD RI mengantar Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia RAPBN 2014 di Gedung Parlemen.

image

BERITA FOTO SWARARESI. Hari Jumat Tanggal 16 Agustus 2013. Dalam Foto tampak saat Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Prof.Jimly dan Gubernur DKI Jokowidodo memberikan ucapan selamat kepada ketua DPD RI Irman Gusman usai acara sidang paripurna gabungan DPR-DPD RI di Gedung Kura-Kura Senayan jakarta.

selengkapnya...

Fri, 16 Aug 2013 @12:46

Menhub , Men BUMN Dan Dirut Jasa Raharja Budi Setyarso, Melepaskan Peserta Mudik Gratis Bersama Jasa Raharja Kamis 1 Agustus 2013 ,yang memecahkan rekor MURI pemudik dengan pendaftaran peserta secara online terbanyak.

image

Berita Foto Media Swararesi Kamis 1 Agustus 2013 .Hartono (Foto IST) JAKARTA, - Jelang lebaran . Beberapa Masyarakat Di Jakarta Sudah Mulai Pulang Kampung Alias Mudik. Untuk Menekan Angka Kecelakaan Pemudik Sepeda Motor, Jasa Raharja Pun Menggelar Mudik Gratis Bagi Mereka Yang Biasa Menggunakan Sepeda Motor Untuk Mudik. Jasa Raharja Tahun Terus Ikut Berpartifasi Dalam Angkutan Mudik Lebaran. Mudik Lebaran Yang Sudah Menjadi Tradisi Masyarakat Indonesia Untuk Bersilaturahmi Dengan Keluarga Ataupun Dengan Kerabat Di Kampung. Resiko Kecelakaan Di Jalan Raya Sering Terbaikan Oleh Para Pemudik, Terutama Bagi Pengendara Sepeda Motor. Untuk Itu Jasa Raharja Sebagai Perusahaan Negara, Ikut Menyelenggarakan Mudik Gratis Bersama, Dan Tahun Ini Merupakan Yang Ke Enam Kalinya Menyelenggarakan Mudik Gratis Bagi Pengendara Sepeda Motor Yang berjumlah 13.500 dengan 250 bus 27 kota tujuan dari Senayan ,Yang Memecahkan Rekor MURI Pemudik Dengan Pendaftaran peserta secara Online Terbanyak.

selengkapnya...

Thu, 1 Aug 2013 @23:06

Kementerian Pemuda dan Olahraga mencanangkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah bebas Korupsi dan Wilayah Bebas bersih dan melayani diLingkungan kemenpora dan memperhatikan 9 langkah percepatan reformasi birokrasi Kemenpan.

image

BERITA FOTO SWARARESI Hari Rabu Tanggal 31 Juli 2013. acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah bebas Korupsi dan Wilayah Bebas bersih dan melayani diLingkungan Kemenpora dihadiri dan presentasi dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara ,Ketua Ombudsman dan KPK serta seluruh pejabat lingkungan eselon di Kemenpora. salah satu perhatian menpora terhadap program kemenpan ialah akan membentuk Unit Pengaduan Masyarakat mengingat masih ada keluhan masyarakat dalam persuratan dan informasi.

selengkapnya...

Wed, 31 Jul 2013 @13:37

Tanggapan Ketua KPPU M.Nawir Messi terhadap somasi Menteri Perdagangan (terlapor) atas keseimbangan berita terkait pembacaan Laporan Dugaan Pelanggaran (LDP) oleh Investigator,KPPU melanggar kode etik ,akan dikaji Litbang Mediawatch Swararesi.

image

Berita Foto Swararesi Hari Selasa Tanggal 30 Juli 2013. (Hotel sahid). KPPU tanggapi Somasi dan Tetap lanjutkan Pemeriksaan pada hari Selasa tanggal 30 Juli 2013 dengan memberikan jawaban atas somasi Sekjen Perdagangan No. 759/SJ-DAG/SD/7/2013 tertanggal 26 Juli 2013 yang pada intinya mempertanyakan keseimbangan berita terkait pembacaan LDP yang dibacakan Investigator dalam sidang trebuka yang menyebutkan Menteri Perdagangan sebagai salah satu terlapor. KPPU merasa tidak ada pelanggaran kode etik perihal penyebutan mendag sebagai Terlapor ini karena hal itu dilakukan dalam sidang LDP yang terbuka dan memang diperintahkan UU dan hukum acara KPPU."KPPU tidak memiliki wewenang untuk melakukan penyensoran,pembredelan atau pelarangan penyiaran, proporsi berita itu hak media untuk memberitakannya. Tim Litbang Swararesi telah melakukan wawancara langsung dengan Ketu KPPU yang selanjutnya akan dikonfirmasikan ke Menteri Perdagangan.

selengkapnya...

Tue, 30 Jul 2013 @21:35

Ketua MPR RI Drs.Sidarto Danusubroto SH dalam Dialog Kenegaraan "Peran 4 Pilar dalam menghormati perbedaan dan Keberagaman Dalam Demokratisasi" di Gedung Parlemen Senayan ,menekankan pentingnya penerapan secara benar dan optimal.

image

Berita Swararesi.Hari Senin Tanggal 29 Juli 2013. (Auditorium Perpustakaan MPR) Sebagai Ketua MPR RI yang melanjutkan jabatan Alm.Taufiq Kiemas beliau konsisten melanjutkan sosialisasi 4 Pilar sesuai amanat konstitusi yang diharapkan akan mewujudkan kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang demokratis,sejahtera dan bermartabat . Dalam Dialog tersebut tampil pula pembicara Nurul Arifin. .

selengkapnya...

Mon, 29 Jul 2013 @14:18

Terungkap oleh Media Australia bahwa Rombongan SBY Disadap intelijen AS dan Inggris Saat Hadiri G20 di London ,Inggris pada bulan April 2009.

image

Berita Swararesi Minggu, 28 Juli 2013 (Foto Reuters SBY dan PM Australia Kevin R) Jakarta - Media Australia memberitakan bahwa rombongan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah disadap saat menghadiri KTT G20 di London, Inggris, pada April 2009 lalu. Media Australia itu mengutip sumber anonim dari intelijen dan Kementerian Luar Negeri di benua kangguru itu. Media yang memberitakan adalah kelompok Fairfax Media yang membawahi The Age dan The Sydney Morning Herald, seperti dikutip dari dua media itu yang ditulis pada Jumat (26/7/2013). Australia dalam hal ini hanya menerima keuntungan dari hasil sadapan itu. Sementara yang melakukan penyadapan disebutkan adalah intelijen AS dan Inggris. "PM Kevin Rudd menerima keuntungan dari kegiatan mata-mata Inggris pada Presiden SBY pada KTT G20 tahun 2009 di London," demikian menurut sumber tsb

selengkapnya...

Sun, 28 Jul 2013 @22:58

KPK menangkap OTK seorang pengacara di kantor Hotma Sitompoel & Associates. Pria itu berinisial MCB.Diduga pengacara ini mempengaruhi saksi ubah BAP dengan suap.

image

Berita Foto Swararesi. Hari Kamis Tg.25 Juli 2013 (Istimewa) KPK menangkap seorang pengacara di kantor Hotma Sitompoel & Associates. Pria itu berinisial MCB. Informasi yang dihimpun .penangkapan dilakukan siang tadi di kantor Hotma, Jl Martapura 3, Jakarta Pusat, hari ini. . Tim KPK datang langsung mencari MCB di ruangannya. Tak lama-lama, mereka langsung membawanya ke luar. Sumber di KPK juga memastikan bahwa pengacara itu berinisial MCB. Namun belum diketahui keberadaannya.Hotma sendiri masih dalam perjalanan dari luar kota. Nama MCB juga sempat dibicarakan beberapa petugas di sekitar kantor Hotma. Meski saat dicecar lebih jauh oleh wartawan, sang petugas mengelak. Jubir KPK Johan Budi membenarkan adanya operasi penangkapan. Namun belum mengetahui siapa pihak yang ditangkap.

selengkapnya...

Thu, 25 Jul 2013 @17:52

Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah - DPD RI akan menyelenggarakan acara Buka Puasa bersama Presiden Ri dan Wakil Presiden RI di kediaman Ketua DPD RI Irman Gusman Denpasar Raya , Kuningan di Jakarta.

image

Berita Foto Swararesi Hari rabu 24 Juli 2013 | PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono akan menghadiri acara buka puasa bersama pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Acara ini berlangsung di kediaman Ketua DPD RI, Irman Gusman beralamat di Jalan Denpasar Raya, Blok C III No. 8, Kuningan, Jakarta Selatan. Berdasarkan informasi dari Biro Pers dan Media Istana Kepresidenanl acara buka puasa bersama ini dimulai pukul 17.00 WIB. Acara ini juga akan dihadiri oleh Wakil Presiden beserta Ibu Herawati Boediono, para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dan pimpinan lembaga negara.

selengkapnya...

Wed, 24 Jul 2013 @13:48

Wakil Ketua DPR RI , Laode Ida di acara talk show DPD RI Menyapa bersama RRI Pro3 dengan topik "Perhatian dan Upaya Meminimalisir Konflik Lapas di Berbagai Daerah" minta Pemerintah harus perkuat kapasitas Daerah untuk pembenahan Lapas.

image

Berita Foto Swararesi Hari Jumat tanggal 19 Juli 2013. Press Room DPD RI Pukul 14-15 WIB. Dalam Talkshow yang dipandu Maulana (RRI Pro3) hadir para pembicara : 1. Laode Ida (Wakil Ketua DPD RI) 2. Yenti Gunarsih (Pakar Hukum Pidana) 3. Sonny B. Harmadi (Pakar Demografi dari UI dan Dosen Lemhanas). Pada umumnya para pembicara sangat memperihatinkan kejadian di lapas Tanjung Gusta. Laode Ida mengharapkan Negara tidak boleh kalah dari Koruptor bila benar dugaan kejadian pembakaran lapas dipicu oleh kekecewaan pata terpidana atas adanya PP 99, yang dianggap oleh Yanti Gunarsih bahwa keberadaan PP tersebut telah mereduksi UU diatasnya dan Prilaku Diskriminatif yaitu hukuman atas hukuman.Ini tentu akan menimbulkan keresahan. Sonny B Harmadi mengingatkan Pemerintah sebaiknya menciptakan social cost yaitu pidana penjara tidak harusberbentuk pemenjaraan secara phisik. Atas pertanyaan peserta apakah ini akibat Otda setengah hati akibatnya peran daerah tidak maksimal,perlu kajian lagi.

selengkapnya...

Sat, 20 Jul 2013 @16:53

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan mencatat tingkat kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya masih rendah. Data menunjukkan baru sekitar 25 juta orang yang terdaftar sebagai WP orang pribadi .

image

BERITA FOTO Swararesi hari Selasa 16 Juli 2013.Rilis Kasi Eksternal DJP. Hasil penelitian Ditjen Pajak terhadap kepatuhan perpajakan pedagang Pasar Tanah Abang juga bisa menjadi potret nyata mengenai ketidakpatuhan wajib pajak membayar pajak. Dari sekitar 8 ribu pemilik kios yang terdapat di Blok A Pasar Tanah Abang, baru sekitar 3 ribu pemilik yang terdaftar sebagai Wajib Pajak. Nah, dari 3.000 pemilik yang telah terdaftar tersebut, baru sekitar 200 pemilik yang telah membayar pajak. Sedangkan pemilik kios rata-rata membayar pajak hanya Rp 500 ribu perbulan. Sedangkan untuk institusi bisnis, Ditjen Pajak mencatat baru sekitar 520 Wajib Pajak badan yang membayar pajak dari sekitar 5 juta badan usaha yang memiliki laba. Di sisi lain, penerimaan pajak dalam APBN-P 2013 ditargetkan sebesar Rp 995,2 triliun atau 66 persen dari target pendapatan negara tahun.

selengkapnya...

Wed, 17 Jul 2013 @13:10

Swararesi telah mengangkat masalah isu Hemoglobin Babi di Filter Rokok yang diungkap Ketua Komisi Pengendalian Tembakau Dr. Sarimuda Pohan sejak Januari 2012.Media Nasional baru mengangkat isu ini jelang puasa Ramadhan 1434 H.

image

Berita Foto Swararesi Saat Dr.S Pohan Usai memaparkan Isu Filter Rokok mengandung Hemoglobin babi. pada Tanggal 24 Januari 2012 di sebuah hotel dikawasan Menteng. Mengapa Filter Rokok Harus Dibubuhi Hemoglobin? Hemoglobin (Hb) Merupakan Bagian Didalam Sel Darah Merah, Yang Berperan Mengikat Oxygen (O2) Agar Dapat Didistribusikan Ke Seluruh Bagian Jaringan Tubuh. Tetapi Daya Mengikat Carbon Monoxida (CO) Oleh Hb Jauh Lebih Erat. Bila Ada CO, Diisap Melalui Paru-Paru, O2 Yang Sedang Digandeng Hb Akan Terdepak, Tinggallah CO Bergandengan Dengan Hb. CO Yang Bergandengan Dengan Hb Sangat Sulit Dilepaskan. Daya Rekat HbCO Lebih 100x Lebih Kuat Dari Daya Rekat HbO2. Bila Filter Rokok Dibubuhi Hemoglobin, Maka Potensi Menangkap CO Dari Asap Yang Dihasilkan Terbakarnya Tembakau Di Ujung Batang Rokok Akan Makin Baik, Sehingga Yang Masuk Ke Paru-Paru Pun Akan Berkurang. Ternyata Hemoglobin Yang Digunakan Industri Filter Rokok mengandung Darah Babi

selengkapnya...

Thu, 11 Jul 2013 @14:20

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melalui Majelis Komisi memutuskan bahwa Tender Mitra BOT Pasar di Sukabumi terbukti bersekongkol dan diduga melanggar pasal 22 Undang-Undang Nomor 5 tahun 1999.

image

Berita Rilis KPPU. Tanggal 10 Juli 2013. (KPPU) melalui Majelis Komisi yang terdiri dari Dr. Sukarmi, S.H. M.H. sebagai Ketua Majelis, Kamser Lumbanradja, M.B.A. dan Dr. Drs. Chandra Setiawan, M.M., Ph.D masing-masing sebagai Anggota Majelis, telah selesai melakukan pemeriksaaan terhadap Perkara Nomor 07/KPPU-L/2012 tentang Dugaan Pelanggaran Pasal 22 UU No 5 Thn 1999 dan memutuskan pada hari Selasa tanggal 9 Juli 2013 di Ruang Pemeriksaan Gedung KPPU, Jakarta. Perkara ini berawal dari laporan kepada KPPU mengenai adanya Dugaan Pelanggaran Pasal 22 UUNo 5 Thn 1999 berkaitan dengan Pelelangan Umum Badan Hukum Mitra Kerja Sama Pembangunan Pasar Tradisional Semi Modern Pola Bangun Guna Serah (BOT) di Kab.Sukabumi Tahun 2011 yang dilakukan oleh: 1. Tim Seleksi Badan Hukum Mitra Kerja Sama Pembangunan Pasar Tahun 2011 sebagai Terlapor I;2.PT Graha Karya Semesta sebagai Terlapor II2. 3. PT Patirindo Tama Bersama sebagai terlapor III4. PT Pola Mitra Jaya sebagai TerlaporIV

selengkapnya...

Thu, 11 Jul 2013 @12:40

Komisi III DPR RI menghimbau agar media berperan aktif sosialisasikan kepada masyarakat luas, pentingnya revisi maupun penyempurnaan UU dibidang hukum seperti KUHP yang sudah sangat kuno yang tidak dapat akomodasi perkembangan yg baru.

image

BERITA FOTO Swararesi hari Sabtu tanggal 6 Juli 2013 di Warung daun Jakarta saat diskusi Kriminalisasi Direksi Operator akibat penggunaan frequensi Broadband.tampak dalam gambar Nurdirman Munir anggota DPR RI dari Komisi III bersama narasumber Indar Atmanto, mantan Direksi Indosat yang saat ini menjabat Pengurus di Masyarakat Telematika Indonsia.

selengkapnya...

Sun, 7 Jul 2013 @21:42

Mewakili Pimpinan MPR RI, Ruhut Sitompul SH membuka resmi penataran 4 Pilar Kebangsaan untuk Hamba Tuhan dan Rohaniawan dari Majelis Harian Sinode Gereja Betel Indonesia yang dipimpin Pdt.Yakob Nahuway Phd di Gedung Nusantara V.

image

Berita Foto Swararesi Hari Kamis Tanggal 4 Juli 2013. Tampak dalam Foto usai membuka Penataran 4 Pilar kebangsaan di Gedung Nusantara V MPR RI bersama Ketua Sinode Gereja betel Indonesia dan Pimpinan DPD RI.

selengkapnya...

Thu, 4 Jul 2013 @11:12

Copyright © 2018 swararesi.com · All Rights Reserved