Peringatan Hari Bela Negara diselenggarakan Kementerian Pertahanan RI dengan mengadakan Seminar Nasional Hari Bela Negara ,dengan penekanan pentingnya Pluralisme diantara Keragaman dan Pendidikan Karakter.

image

Berita Foto Swararesi. hari Rabu Tanggal 19 Desember 2012.Nara sumber para pakar dibidang Sejarah,Prof.Anhar Gonggong, Wakil Menteri Agama,Sosiolog dan Rohaniawan serta Sekjen Kementerian Dalam Negeri.Acara ditutup oleh Direktur Jenderal Potensi Pertahanan, Dr.Ir.Pos M Hutabarat.

selengkapnya...

Wed, 19 Dec 2012 @14:17

Awak Media melalui Aliansi Jurnalis Indonesia bekerjasama dengan Migrant Care, selenggarakan penganugrahan penghargaan-Jurnalist Award kepada Media Cetak-Online-Elektronik yang sangat peduli akan berita Perlindungan Pekerja Migran -TKI

image

BERITA GAMBAR Swararesi Hari Selasa tanggal : 18 Desember 2012 .Ajang pertemuan awak Media penerima Jurnalis Award dibidang TV,Cetak,Radio dan Online, dengan para buruh Migrant difasilitasi Migrant Care dan European Union,khususnya memuat berita Perlindungan Buruh Migrant.

selengkapnya...

Wed, 19 Dec 2012 @13:53

Quo Vadis Honor Wartawan Mainstream ikuti Konferensi Pers diKementerian melebihi Honor Anggota Parlemen.Perlu Moratorium dan Tata Ulang Anggaran Media diPusat Humas Kementerian/ Lembaga Pemerintah dan BUMN.

image

Berita Foto Swararesi. Pada hari Senin Tanggal 17 Desember 2012,saat meliput Konferensi Pers disalah satu Kementerian.Usai Konferensi Pers yang hanya berlangsung sekitar 15 Menit,para Jurnalis digiring kesalah satu ruangan disana sudah menunggu petugas Humas Kementerian dan menyerahkan Amplop setelah menandatangani Kwitansi rangkap tiga.Hasil pengamatan jumlah Kwitansi yang ditandatangani bernilai ratusan ribu.Hebatnya berdasarkan informasi petugas Humas yang membagikan amplop,Koordinator Wartawan (Forum) adalah seorang wanita dari salah satu Media Nasionalyang terkemuk/Main stream Media. Temuan ini sudah sering dan terbiasa dilakukan oleh beberapa kementerian melalui Pusat Humas kepada Forum Wartawan.Walaupun AJI Pusat telahmengeluarkan edaran agar praktek paradox ini dihilangkan dan diganti dalam bentuk lain seperti pendidikan dsb.pihak Kementerian belum melakukan perubahan. Perlu Moratorium agar virus merubah mental para Jurnalis dalam melaksanakan tugasnya.

selengkapnya...

Mon, 17 Dec 2012 @19:39

Kapuspen TNI Laksda Iskandar Sitompul, melalui Dewan Pers anjurkan wartawan pakai seragam media masing2 saat liput situasi ricuh untuk hindari jadi korban kekerasan,tanggapan atas pedoman Penanganan Kasus Kekerasan ke Wartawan.

image

BERITA FOTO SWARARESI saat Kapuspen TNI mendampingi Panglima TNI dan Kepala Staf ketiga Matra Angkatan diacara HUT TNI.Kapuspen memberi dukungan keberadaan Pedoman penanganan Kasus kekerasan terhadap Wartawan yang disahkan pada tanggal 6 Desember 2012. Direncanakan Panglima TNI dan Ketua Dewan Pers akan bertemu dalam waktu dekat.

selengkapnya...

Tue, 11 Dec 2012 @08:54

Media Sosial akan punya peranan significant dalam merubah konstelasi Sosial Ekonomi dan Politik suatu Negara mengimbangi peran Media Tradisional yang cenderung dipengaruhi Power dari Owner yang kapital kuat.

image

Gambar Foto swararesi pada hari Senin Tanggal 3 Desember 2012 ,Diskusi Hukum tentang Media Sosial di Pusat Studi Kebijakan Hukum dengan Sekolah Hukum Internasional menghadirkan para pembicara pergerakan sosial anti korupsi dari dalam maupun luar negeri.

selengkapnya...

Wed, 5 Dec 2012 @10:32

Pemerintah menghargai Upaya Prudential Ikut menanggulangi masalah sampah dan bencana secara terprogram dan reguler setiap tahun seperti "Aksi Bersih-Jakarta Bersih,Jakarta Sehat" dengan peserta dari masyarakat luas.

image

Berita swararesi, 2 Desember, 2012, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia melakukan "Aksi Bersih - Jakarta Bersih, Jakarta Sehat", sebuah kegiatanacara berjalan santai menyenangkan dan kegiatan bersih-bersih untuk mendukung Jakarta yang bersih dan sehat . Acara ini diikuti oleh lebih dari sepuluh ribu peserta dari masyarakat umum, nasabah, mitradan staf Prudential Indonesia, agen penjualan dan keluarga. Acara ini adalah bentuk kerja sama dengan antara Prudential Indonesia dengan Pemprov DKI Jakarta ini dimulai dengan berjalan santai serta kegiatan membersihkan area sekitar monumen nasional. Upaya setengah hari ini inisiatif Prudential Indonesia untuk menciptakan sosialisasi hidup yang sehat dan langkah pasti untuk mendukung membersihkan lingkungan sebagai bagian dari kesiapan terhadap bencana.

selengkapnya...

Mon, 3 Dec 2012 @09:34

Quo Vadis Gerakan Buruh Unjuk Rasa mulai merambat ke Buruh Kerah Putih /Karyawan Manajemen dan Staff dengan Tema Penolakan Tenaga Kerja Asing tanpa Izin,serta kecurangan Manajemen seperti yang dilakukan Para karyawan PT Huwei Indonesia.

image

Berita Foto Swararesi, Hari Kamis Tanggal : 29 November 2012 .Dalam gambar tampak para wakil karyawan sedang berorasi menuntut ditindaknya Perusahaan karena diduga memperkerjakan tenaga kerja asing tanpa izin kerja sesuai peraturan perundangundangan yang berlaku dll,hak pelevelan karyawan,fraud manajemen,mengundang KPK masuk keperusahaan,permenaker tentang outsourching dsb.

selengkapnya...

Fri, 30 Nov 2012 @16:49

Puspen TNI Laksda Iskandar Sitompul, membantah adanya pemukulan wartawan oleh anggota TNI AU di Palembang

image

Mencermati pemberitaan terkait peristiwa penertiban dan penggusuran rumah liar dan kebun liar seputar Lanud Palembang, maka perlu disampaikan bahwa kejadian yang sebenarnya adalah tidak ada pemukulan atau tindakan kekerasan oleh anggota TNI AU kepada wartawan saat meliput kegiatan penertiban tersebut. Peristiwa ini bermula dari upaya TNI AU menertibkan dan mengamankan aset negara berupa lahan yang disengketakan oleh warga sekitar Lanud Palembang. Sengketa lahan tersebut sebenarnya sudah dimenangkan oleh TNI AU melalui putusan Pengadilan Negeri Nomor 114/PDT.G/2005/PN.PLG dan putusan Pengadilan Tinggi Nomor 44/PDT/2006/PT.PLG serta putusan Kasasi Nomor 2385/K/PDT/2006 dan putusan PK nomor 412 PK/PDT/2010. Dengan dasar putusan tersebut, maka pihak Lanud Palembang berusaha menertibkan serta mengamankan bangunan liar dan kebun liar yang berada di atas lahan negara yang digunakan oleh TNI AU serta berharap kepada seluruh warga masyarakat termasuk insan media paham sebenarnya yg terjadi.

selengkapnya...

Sun, 25 Nov 2012 @23:07

Quo Vadis Anggota DPRRI Komisi I , E.C ajak para PimRed Media Masa Nasional melalui Dewan Pers untuk "menduduki" Kementerian Pertahanan sebagai bentuk penolakan RUU Keamanan Nasional (Kamnas) yang diduga berpotensi akan langgar UU Pers

image

Berita Foto Swararesi Hari Jumat Tanggal : 23 November 2012 acara Diskusi Publik RUU Kamnas dan Implikasinya terhadap Kemerdekaan Pers.dalam diskusi berkembang pendapat bahwa Substansi,isi dan Semangat RUU Kamnas dinilai mengancam kebebasan Pers.acara Diskusi ini dibuka oleh Prof.Bagir manan dan dihadiri PimRed dari beberapa media masa,elektronik,Anggota DPR RIKomisi I, Akademisi dan Anggota Dewan Pers.

selengkapnya...

Sat, 24 Nov 2012 @14:56

Quo Vadis Adanya paradox di UU Pers No.40/1999 ,dipertanyakan oleh sesepuh Pers yang ikut membidaninya,Pers adalah lembaga sosial tapi dalam pelaksanaanya menjadi gurita konglomerasi,dimana posisi Yayasan,Koperasi dan Lembaga Sosial?

image

BERITA FOTO SWARARESI saat diskusi 13 tahun UU Pers 40/1999 di Kantor Dewan Pers dimana rencana revisi UU Pers menguat hanya saja timbul perbedaan pendapat diantara anggota Dewan Pers khususnya perbedaan sikap antara SPS dengan PWI.Parni Hadi selaku orang yang ikut membidani lahirnya UU Pers, mempertanyakan adanya paradox misi yang diemban Pers (Bab I ketentuan Umum Pasal 1 ayat 1 UU Pers) tapi dalam pelaksanaannya Perusahaan Pers harus berbadan hukum PT yang mengakibatkan pengusaha kuat saja yang mampu membesarkan Media sedangkan media yang berbentuk Yayasan apalagi Koperasi, akan merasa ragu memasuki dunia Pers mengingat syarat harus berbadan hukum PT dan bermodal kuat walaupun didalam peraturan Dewan Pers disebutkan Badan Hukum lainnya yang berlaku di Indonesia boleh berusaha dibidang Media Pers tetapi membuat ciut karena persaingan dengan gurita konglomerasi tanpa sistem Quota khususnya untuk mempertahankan kehidupan usahanya dalam merebut kue iklan.

selengkapnya...

Fri, 23 Nov 2012 @11:05

Quo Vadis setelah saling ancam mogok maka saat ini masuk face saling mencurigai antara Apindo dengan Serikat Pekerja bahwa ada jaringan kekuatan Internasional yang mempengaruhi peningkatan ekskalasi Demo Buruh yang masif.

image

Berita Swararesi saat diskusi masalah perburuhan yang diangkat Apindo dalam even Speak Up yang dihadiri Kementerian Tenaga Kerja,Mabes Polri,perwakilan Serikat Pekerja dan para pelaku usaha,dimana dalam diskusi terungkap bahwa salah satu Presiden Serikat Pekerja yang sangat aktif menggerakan Demo buruh secara nasional,mempunyai akses atau jaringan tingkat Internasional seperti Serikat Buruh di jerman dsb.

selengkapnya...

Thu, 22 Nov 2012 @13:29

Quo Vadis Terungkap bahwa Berdirinya Pendidikan Tionghowa PAHOA tahun 1900 , justru menginspirasi terbentuknya Pendidikan dari sekolah keagamaan "pribumi" seperti Muhammadiyah dan deklarasi Sumpah Pemuda 1928

image

BERITA FOTO Swararesi.hari Sabtu Tanggal 17 November 2012,saat acara bedah buku Iskandar Yusuf, berdirinya sekolah Tiong Hoa pertama kali pada tahun 1900 dimana masalah yang menghadang timbul samapai ditutupnya sekolah tersebut pada tahun 1966 bersamaan dengan suasana politik saat itu.hanya saja berkat kegigihan para pendiri, maka sekolah tersebut dapat bangkit dan dibuka kembali.

selengkapnya...

Tue, 20 Nov 2012 @12:41

Asean Skills Competition, Variabel Evaluasi menuju standar Internasional.Menteri Tenaga Kerja Muhaimin mengajak serta para wakil serikat pekerja melihat langsung ajang kompetisi Ketrampilan tingkat ASIA di JCC senayan.

image

Berita Foto Swararesi pada hari Kamis Tanggal 15 November 2012,saat Menaker melihat langsung kompetisi ketrampilan yang mulai berlangsung di JCC untuk bermacam-macam ketrampilan.Didampingi Dirjen pembinaan Pelatihan dan produktivitas (Binalattas) Kemenakertrans Abdul Wahab Bangkona serta pejabat eselon 1 lainnya.

selengkapnya...

Fri, 16 Nov 2012 @11:39

Quo Vadis Dewan Pers mulai terpancing secara emosional,cenderung menganggap pelaku pemukulan oleh sekelompok orang terhadap Robianto wartawan penerima penghargaan "Wartawan Ksatria " oleh PWI Riau,dilakukan oknum TNI AU.

image

Berita Swararesi hari kamis Tgl.15 November 2012 (Foto istimewa,saat wartawan Riau Pos ,Didik bersalaman dengan Letkol TNI AU Robert Simanjuntak) Foto diabadikan pada tanggal 18 Oktober 2012 ,saat pertemuan Komisi I DPR RI dengan sejumlah wartawan untuk meminta kejelasan terkait penganiayaan yang dilakukan anggota TNI AU. Usai pertemuan, secara pribadi dan spontan wartawan foto Riau Pos ,Didik bersalaman dengan Letkol Robert. diruang kantor Redaksi Riau Pos. Setelah beberapa waktu kejadian ini "terlupakan" mendadak hari Rabu Tgl. 14 November 2012, R, wartawan Riau TV, yg publikasikan foto kejadian tsb, jadi korban pemukulan sekelompok orang tak dikenal.Hal ini sudah dilaporkan kepolisi dan sedang dalam proses .hanya saja dalam wawancara disalah satu radio swasta pada hari kamis tgl. 15-11-2012,sekretaris PWI Riau serta Seorang Pengurus Dewan Pers terdengar keluarkan pernyataan tendensius seolah-olah pelakunya oknum TNI AU.Diharapkan semua pihak menahan diri dan proporsional.

selengkapnya...

Thu, 15 Nov 2012 @21:34

Quo Vadis Media Massa tidak pro kemiskinan ,banyak acara di setting sehingga seolah-olah liputan pro kemiskinan padahal acara tersebut bertujuan meningkatkan rating, seperti yang diutarakan Dr.Ade Armando dari Fisip Universitas Indonesia

image

Beirta Foto Swararesi hari Senin Tgl. 12 November 2012 di bentara Budaya dalam acara diskusi Lingkar Muda.dengan Topik: Konstitusi dan Negara kesejahteraan : Meneguhkan kembali Gerakan masyarakat Sipil.

selengkapnya...

Tue, 13 Nov 2012 @13:22

Ketua LKPP diabadikan bersama utusan LPSE Kementerian-Pemerintah Daerah yang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai pengelolan LPSE terbaik dan inovatif,antara lain LPSE dari Kementerian Perhubungan dan Pemprov DKI Jakarta.

image

Berita Swararesi Foto Swararesi hari Jumat tanggal 9 November 2012, dalam acara Rapat Koordinasi Nasional LPSE ke 8 tahun 2012, di Jakarta dengan target tahun 2013 pencapaian 100% e-Procurement dalam rangka mencapai Indonesia bersih.Acara diselingi dengan paparan materi Internet Security dan Motivasi dari Narasumber terkenal.

selengkapnya...

Sat, 10 Nov 2012 @13:22

Quo Vadis Dahlan Iskan manfaatkan jabatannya beri Informasi pemeras BUMN dengan ilmu Media membuat penasaran pembaca akibat berita dipublikasikan secara bertahap,apakah akan menaikkan oplah? walaupun secara etika dipertanyakan.

image

Berita Swararesi hari Senin Tanggal 5 November 2012.(Foto dokumentasi swararesi.com) Seperti yang telah diduga banyak kalangan, saat menjelaskan kepada BK DPR , Dahlan Iskan akan menyampaikan berbeda dengan isu awal yang telah diekspose media masa bahwa adanya oknum pemeras BUMN dari DPR sebanayak 10 orang,padahal yang diutarakan DI hanya 2 orang.Salah satu Pimpinan DPR , Priyo Budisantoso termasuk yang merasa galau, mengapa kenyataannya berbeda dengan berita yang telah heboh dimedia masa.

selengkapnya...

Mon, 5 Nov 2012 @23:05

Quo Vadis Acara Ombudsman RI sepi peliput Wartawan mainstream diduga akibat tidak ada anggaran Forum Wartawan ,beda dengan Kementerian dan Lembaga lain seperti Kemenaker,Kemenhub,kemenag dll selalu padat peliput.

image

Berita Foto Swararesi Hari Senin Tanggal 5 November 2012 di Ruang Sidang Ombudsman RI saat pertemuan dengan stakeholder masyarakat yang dilalui jalur MRT yang menuntut agar pihak Instansi terkait membuka hasil kajian MRT Jakarta. Sepinya wartawan peliput sudah beberapakali dikeluhkan oleh komisioner Ombudsman,tetapi tidakada perubahan,Ombudsman belum mampu membuat Press Room serta anggaran operasional untuk Forum wartawan lainnya,masih dalam wacana,hanya sangat disayangkan kalau kehadiran wartawan hanya bila ada anggaran yang dialokasikan untuk mereka terlepas bentuknya seperti apa.

selengkapnya...

Mon, 5 Nov 2012 @22:27

BNP2TKI dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2012 menggelar pameran Lembaga Mitra dibidang Pelatihan Tenaga Trampil yang siap mengisi tenaga Formal sesuai program pemerintah kedepan mengurangi TKI Informal.

image

Berita Foto Swararesi Hari Sabtu tanggal 20 Oktober 2012 dalam acara Trade Expo Indonesia 2012.Menurut Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian perdagangan,Gusmardi Bustami mengatakan,sektor jasa yang paling banyak diminati antara lain hospitality yaitu jasa tenaga kerja hotel,chef,bartender,kesehatan yaitu perawat.jadi dalam berdagang tidak hanya menjual barang tapi menjual keahlian.jangan sampai indonesia mengirim Tenaga kerja yang tidak punya ketrampilan.Karena itu kementerian perdagangan bekerjasama dengan badan nasional penempatan dan perlindungan Tenaga kerja Indonesia (BNP2TKI) untuk bisa mempertemukan tenaga kerja yang punya keahlian dengan calon pengguna.

selengkapnya...

Sat, 20 Oct 2012 @14:04

World Export Development Forum 2012 usai dengan menghasilkan kesepakatan bersama dibidang perdagangan Global untuk mengoptimalisasi jalur distribusi barang export Negara Berkembang untuk mengamankan Ketahanan Pangan Dunia.

image

Foto Istimewa saat pembukaan WEDF 2012 0leh Presiden SBY WEDF 2012 concludes on Wednesday, 17 October. The full text of speeches made at the event are available on www.intracen.org/wedf. Additionally, ITC is live-streaming plenary sessions here and encouraging participation in conversations through Facebook, Twitter and LinkedIn. The World Export Development Forum (WEDF) is a unique global forum dedicated to supporting export-led development. WEDF provides an issue-focused platform for policymakers, trade support institutions and business people to gain practical understandings in export competitiveness, within a framework of Aid for Trade and trade-related technical assistance. ITC is the joint agency of WTO and the United Nations and is devoted to helping small and medium enterprises in developing countries become more competitive in global markets and thus to speed up sustainable economic development and contribute to the achievement of the Millennium Development Goals

selengkapnya...

Thu, 18 Oct 2012 @06:26

Staf Kepresidenan Republik Indonesia bidang Informasi, Heru Lelono, berkenan mengunjungi almamaternya. Alumni SMAN 3 Malang angkatan 1974 tersebut datang disertai Kepala Diknas kota Malang dan juga rombongan Ikasmariagitma chapter Malang.

image

Berita Foto SMA 3 Malang.Senin 15 Oktober 2012 Foto kepala Sekolah SMA3 Malang bersama Heru Lelono dan siswa anggota B-Choir usai membawakan Mars SMA Negeri 3 Malang. Rombongan tiba di Bumi Bhawikarsu (SMA 3 Malang,Jl.Sultan Agung) pukul 08.00 dan langsung menuju ruang serba guna. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama dan dilanjutkan dengan penampilan dua puluh anggota B-Choir yang mempersembahkan Mars SMA Negeri 3 Malang dan lagu "Smanti Favorit". Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Sulthon dan Bapak Heru. Selain silaturahmi, kunjungan kali ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang pemberian dana bantuan Block Grant sebesar Rp750.000.000,00 yang diharapkan bisa digunakan sebagai penunjang sarana dan prasarana di SMAN 3 Malang. Beliau juga menghimbau kepada para siswa agar selalu menjunjung tinggi etika dan moral, dengan demikian peristiwa seperti tawuran antar pelajar, korupsi dan hal negatif yang lain dapat dihindari. (raw/ editor: wsw)

selengkapnya...

Tue, 16 Oct 2012 @06:28

Quo Vadis Anggaran KPK RAPBN 2013 sebesar 10 milyard ditolak Komisi III DPR RI karena tidak transparan dan terinci akan digunakan untruk Komunitas Anti Korupsi yang mana,sehingga dialihkan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat.

image

Berita Foto Swararesi Hari Jumat Tanggal 13 Oktober 2013.Gedung Parlemen Senayan komisi II DPR.,saat RDP dengan KPK membahas Anggaran RAPBN 2013

selengkapnya...

Sat, 13 Oct 2012 @10:25

Ketua BNP2TKI Jumhur Hidayat mengundang Lembaga Keagamaan-LSM-Ormas untuk ikut mengembangkan pelatihan calon TKI Formal khususnya Perawat , mengingat permintaan di Luar negeri meningkat secara significant.

image

Berita Foto Swararesi Hari Rabu Tanggal 10 Oktober 2012 . Menurut Jumhur, dalam kunjungan ke negara-negara Timur Tengah seperti Dubai, Qatar dan Arab Saudi permintaan perawat Indonesia hingga kini masih sangat tinggi. Karena kesamaan Islam sebagai agama, mereka lebih menginginkan perawat dari Indonesia ketimbang yang sudah ada saat ini dari Filipina. Sayangnya, perawat Indonesia masih kalah bersaing dengan Filipina dalam penguasaan bahasa Inggris. Di Timur Tengah, kata Jumhur, sudah ada ribuan perawat. Namun, jika kita bisa memenuhi puluhan hingga ratusan ribu perawat yang tidak mendapat pekerjaan di tanah air tentu akan sangat baik.

selengkapnya...

Wed, 10 Oct 2012 @15:37

Quo Vadis, Budaya Adu Konferensi Pers justru dimulai oleh Dewan Pers menghadapi Konpers Hotman Paris atas kebenaran PPR Dewan Pers yang merekomendasikan Majalah Tempo melanggar Kode Etik Jurnalistik,dimana Dewi Kebenaran ?

image

Berita Foto Swararesi.Hari Selasa Tanggal 9 Oktober 2012,Konferensi Pers tandingan dari Kantor Pengacara Hotman Paris dengan adanya Konferensi Pers Dewan Pers pada Hari Senin Tanggal Senin tanggal 8 Oktober 2012 di Gedung Dewan Pers Kebon sirih (lihat berita sebelumnya). Hotman Paris menghimbau semua kalangan Pers agar jangan menutupi kebenaran,walaupun masalah ini dihadapi media yang diawaki salah satu Tokoh Pimpinan Dewan Pers. Hotman meminta rekan wartawan agar jangan debat kusir,jangan berkomentar diluar konteks Putusan Dewan Pers.Agar tidak bias diminta awak Pers untuk membaca putusan Dewan Pers yang jenius,independent dan putusan yang membanggakan masyarakat,yang disetujui secara bulat oleh 8 (delapan) pengurus Dewan Pers yang ditandatangani oleh Prof.Dr.Bagir Manan,S.H,MCL selaku Ketua Dewan Pers.

selengkapnya...

Tue, 9 Oct 2012 @17:32

Ketua LKPP -Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/jasa Pemerintah membekali wartawan Peraturan dan Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa sesuai Peraturan Presiden No.70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres 54 Tahun 2010

image

Berita Swararesi Hari Jumat-Sabtu Tanggal 5-6 Oktober 2012 Diskusi dan latihan kajian Kebijakan barang jasa Pemerintah,Percepatan Pelaksanaan untuk APBN melalui Regulasi pengadaan barang dan jasa pemerintah di Bidakara Jakarta.

selengkapnya...

Sat, 6 Oct 2012 @14:13

Copyright © 2018 swararesi.com · All Rights Reserved