Mulai akhir bulan Februari 2021, civitas akademisi UGM dapat menerima layanan kesehatan screening Covid-19 dengan produk GeNose C19 di seluruh Fakultas/Sekolah maupun Rumah Sakit Gigi dan Mulut Prof. Soedomo FKG UGM.

Sebelum mulai beroperasi, pada tanggal 20 Fabruari 2021 dilaksanakan pelatihan teknis pengoperasian produk GeNose C19 bagi perwakilan staf Fakultas/Sekolah dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut UGM Prof. Soedomo di UGM Science Techno Park, Purwomartani. Kegiatan ini dilakukan selama 2 sesi sesuai dengan pembagian unit kerja. Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 09.00-12.00 WIB kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua yang dilaksanakan pada pukul 13.00-16.00 WIB. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih perwakilan staf dari unit kerja terpilih untuk menggunakan produk GeNose C19 secara tepat dan sesuai. Para staf dari masing-masing unit kerja dilatih untuk memahami pengoperasian dan perawatan produk GeNose C19.

Selain memahami pengoperasian dan perawatan produk GeNose C19, staf dihimpun untuk dapat mengelola limbah medis berupa kantung nafas yang dipusatkan ke Gadjah Mada Medical Center. Staf juga dihimbau untuk dapat membagikan wawasan mengenai penggunaan GeNose C19 kepada tenaga pendidik serta tenaga kependidikan di unit masing-masing. Melalui desentralisasi skrining menggunakan GeNose C19 ini diharapkan dapat mempermudah proses tresing di masing-masing unit. (ditpui  UGM)