Hari Lansia Nasional 2020 : BKKBN DIY Intensifkan Program Lansia Tangguh

image

Yogyakarta, Media Lansia .Swararesi.com —Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke-24 rangkaian Hari Keluarga Nasional ke-27 BKKBN DIY Yogyakarta menyelenggarakan Webinar dengan tema “Negara Hadir Untuk Lanjut Usia” pada hari senin tanggal 8 Juni 2020.

Narasumber yang mengisi acara webinar antara lain : 1.Kepala Perwakilan BKKBN DIY Dr Ukik Kusuma Kurniawan, SKM, MPS, MA dengan materi Program Lansia Tangguh,
2. Sekretaris Daerah DIY Drs. Kadarmanta Baskara Aji dengan materi Strategi Menuju Lansia DIY yang Sehat ,Aktif, Produktif dan Bermanfaat.
3. Rektor Urindo Prof. Dr.drg Tri Budi Wahyuni Rahardjo MS dengan materi Menuju Proses Menua yang Sukses.
4. Perwakilan Indonesia Ramah Lansia (IRL), Ns. Rizky Erwanto M.Kep ,Sp.Kep Kom dengan materi Kegawatdaruratan Lansia dan Pendampingan Perawatan Jangka Panjang.

Dr Ukik menjelaskan, konsep Lansia tangguh serta implementasiny di komunitas lansia dengan batasan lansia tangguh adalah seseorang atau kelompok lansia yang berumur diatas 65 tahun dengan bercirikan sehat, mandiri, aktif dan produktif.

Lansia Tangguh dapat dilaksanakan melalui Promotif (promosi) Preventif (pencegahan) Kuratif (pengobatan) dan Rehabilitatif (pemulihan). Lansia Tangguh mampu untuk beradaptasi menghadapi proses penuaan secara positif, sehingga dalam mencapai masa tuanya menjadi berkualitas di dalam lingkungan yang nyaman dan damai.  Sehingga lansia  tangguh tetap sehat  baik seara fisik , sosial, dan mental melalui siklus hidupnya, yang mandiri, aktif dan produktif.

Program-program Lansia Tangguh dengan 7 (tujuh) dimensi adalah Pembangunan Keluarga Tangguh ditinjau dari 7 Dimensi.

7 Dimensi mencakup Spiritual, Fisik, Emosional,Intelektual Profesional , Lingkungan, Sosial.

Untuk kesejahteraan Lansia di masa pandemi covid19 Pemprov DIY telah melakukan bakti sosial dengan pemberian bantuan uang tunai serta sembako yang dibagikan kepada lansia yang ada dalam database dinas terkait di DIY. (fredi)

Tue, 9 Jun 2020 @05:32


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Cek Nama Domainf

Cek Nama Domain ?

selamat datang di website kami.
image

FORUM BISNIS TANGGUH -KRISIS COVID19

Telp:085774193855 (sms/WA only)


Lembaga RESI (Riset Ekonomi Sosial Ind) AktaNotaris 37/Kemkumham 24/3/2000 Rekening:BRI No: 053801052152509 an. Ferdinand H Jabodetabek : Jl.Apel 1 Depok.& (Yayasan P3AU/PT.SITEKNO/CV Swararesi) sATGAS PB P3AU.Email : redaksi@swararesi.com
Copyright © 2020 swararesi.com · All Rights Reserved