MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

Catatan Mediawatch 2019 : Majalah Tempo dianggap Dewan Pers melanggar Pasal 3 Kode Etik Jurnalistik karena memuat opini yang menghakimi.

image

Dewan Pers menyatakan Majalah Tempo menyalahi Etika Jurnalistik dalam terbitannya yang berjudul 'Tim Mawar dan Rusuh Sarinah' edisi 22-26 Juni 2019.

Dalam keterangannya, Dewan Pers menyatakan Majalah Tempo melanggar Pasal 3 Kode Etik Jurnalistik.

Hal ini tertuang dalam Pernyataan dan Penilaian Rekomendasi (PPR) Dewan Pers nomor 25/PPR-DP/VI/2019 tentang Pengaduan Mayjen TNI (Purn) Chairawan terhadap Majalah Berita Mingguan Tempo.

Menurut Ketua Dewan Pers M.Nuh ( CNN Indonesia 12/7/2019)  menegaskan surat rekomendasi ini dikeluarkan karena sudah sesuai dengan Undang Undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. "Keputusan ini bersifat final dan mengikat secara etik.

Hal ini diungkap Direktur Mediawatch Swara Resi  Ferdinand L Tobing dalam catatan akhir tahun 2019 tentang pengawasan Mediawatch sesuai amanat UU Pers No. 40/1999 tentang peran serta masyarakat mengawasi berita media cetak Nasional..Disamping itu diungkap pula pengakuan Dewan pers yang lalai menindak lanjuti permohonan Mediawatch agar klarifikasi dugaan 16 Media cetak nasional menerima suap "pencitraan" di Pengadilan Tipikor.

Mediawatch Swara Resi sesuai UU Pers 40/1999 pasal 17 tentang peran masyarakat mengawasi media nasional telah melakukan pengawasan sejak tahun 2013. 

Jelang Hari Pers Nasional tahun 2020 , Mediawatch Swara Resi akan mengadukan kembali ke KPK, Bareskrim dan Dewan Pers dengan tembusan Presiden dan Ketua DPR RI,  agar klarifikasi dugaan terlibatnya Media Cetak Nasional sejak tahun 2016 yang tidak pernah diklarifikasi dari Dewan Pers, dapat dituntaskan dan jangan diabaikan padahal beberapa anggota DPR dari Komisi I saat itu sudah menghimbau agar Dewan Pers merespon pengaduan Mediawatch Swara Resi.

Demikian juga pertanggungjawaban Media cetak nasional yang memasang iklan Jumbo dari pembangunan mega property dikawasan kabupaten Bekasi yang belakangan terungkap ada penyimpangan perizinan dan ditangkapnya beberapa pejabat pemerintah daerah dan pengusaha Property  dari Group Perusahaan besar yang ternama. (Tim Litbang Mediawatch Swara Resi) 


Thu, 6 Feb 2020 @20:00


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 swararesi.com · All Rights Reserved