MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

Didukung Google.org, Inspire Project gelar pendidikan bagi publik tentang pentingnya literasi media dengan tajuk Creator Muda Academy.

image

Maarif Institute,Cameo Project , Love Frankie, , Peace Generation Indonesia dan Yayasan Ruang Guru didukung oleh Google.org berkolaborasi dengan nama Inspire Project menggelar pendidikan bagi publik tentang pentingnya literasi media dengan tajuk “Creator Muda Academy” yang merupakan Sebuah platform pembelajaran offline untuk pelajar Indonesia tentang keIndonesiaan, kebhinekaan dan literasi media.

Acara juga dibuka oleh Abdul Rohim Ghazali selaku Direktur Eksekutif Maarif, Prof. Dr. Muhadjir Effendy Menko PMK, Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin dari Kantor Staf Presiden RI, Alissa Wahid dikenal sebagai Gusdurian, Komika dan Aktifis Perempuan Sakdiyah Ma’ruf, Iman Usman selaku Pendiri Ruangguru, Yosi Mokalu (Project Pop) dari Siberkreasi, Irfan Amalee, Pendiri Peace Generation dan Ayu Kartika Dewi selaku Pendiri SabangMerauke & Staf Khusus Presiden RI.

Sejak tahun 2017, Google.org telah mendukung Maarif Institute bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk melakukan pelatihan dalam rangka peningkatan kapasitas literasi media guna melawan informasi negatif, ujaran kebencian dan provokasi ekstrimisme dengan tajuk jurnalisme kebhinekaan untuk pelajar SMA dan sederajat.

Kemudian Google.org bersama dengan Maarif Institute dengan Cameo Project, Love Frankie, Peace Generation Indonesia dan Ruang Guru, menghadirkan platform dalam jaringan (online) sebagai medium ekspresi pelajar Indonesia yakni; madingsekolah.id sebagai upaya untuk merevitalisasi majalah dinding sebagai platform informasi pelajar yang positif dan kreatif serta diharapkan menjadi rujukan anak muda untuk mencari, memproduksi dan mendistribusikan informasi positif untuk pelajar Indonesia.

Atas inisiatif Google Indonesia yang dimulai sejak awal tahun 2019 ini telah menghasilkan beberapa program dengan fokus tujuan kepada penguatan dan perluasan literasi digital sebagai upaya membangun ketahanan publik, utamanya sekolah baik siswa maupun gurunya.

CreatorMuda Academy adalah sebuah platform pembelajaran offline untuk pelajar Indonesia tentang keindonesiaan, kebinekaan dan literasi media. Platform ini telah digelar di 10 kota di Indonesia selama bulan Maret hingga Oktober 2019 lalu. Jakarta, Jogja, Malang, Bandung, Semarang, Makassar, Manado, Pontianak, Mataram dan Padang adalah 10 kota yang dikunjungi oleh program ini.

Setelah melalui perjalanan 10 kota itu, CreatorMuda Academy menggelar pertemuan pelajar dalam tajuk “CreatorMuda Summit” di Art:1 New Museum, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (15/1/2020) yang diikuti 100 pelajar hadir dalam kegiatan ini.

Abdul Rohim Ghazali selaku Direktur Eksekutif Maarif Institute menjelaskan bahawa Creatormuda Summit adalah sebuah ruang perjumpaan bagi para pelajar kreator muda di seluruh Indonesia yang hadir untuk saling menginspirasi.

“100 Pelajar dari 10 kota yang pernah dikunjungi oleh Creatormuda Academy ini akan menjadi motor penggerak produksi konten positif untuk menghalau semua konten negatif, hoax, ujaran kebencian yang nantinya akan mengancam kebhinekaan Indonesia” jelas Rohim. (fredi)

Wed, 15 Jan 2020 @20:25


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 swararesi.com · All Rights Reserved