MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

Info Penting : Tupoksi Pusat Pengendalian Operasional (PUSDALOPS) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta daftar Portal Bencananya.

image

Fungsi utama Pusdalops adalah beroperasi 24 jam 7 hari untuk memantau kejadian bencana, sebagai pusat data dan informasi, sebagai pusat koordinasi dan pusat komunikasi. Pada saat terjadi tanggap darurat membantu pos komando di daerah.

Ada beberapa portal terkait kebencanaan di Pusdalops BNPB ini yang bisa dipelajari, baik itu untuk pemantaun maupun terkait data kebencanaan, seperti :  Geoportal Kebencanaan Indonesia  :https://gis.bnpb.go.id/ , InaRISK : https://InaRISK.bnpb.go.id , InWARE : https://InWARE.bnpb.go.id , Multi Hazard Early Warning System :http://mhews.bnpb.go.id ,  Data Bencana Indonesia (DIBI) https://bnpb.cloud/dibi/, BMKG Siganture : https://signature.bmkg.go.id/ , SADEWA : https://sadewa.sains.lapan.go.id/, SANTANU :http://santanu.sains.lapan.go.id/site/ , dan Sky Router Command Center : https://www.skyrouter.com (untuk pemantauan water boombing pesawat  pada operasi kebakaran hutan), dan lain-lainya.

Disisi lain Kepala Bidang Pengendalian Taktis dan Evaluasi Operasi, Gatot Satria Wijaya, menyampaikan, terkait  Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) BNPB, sesuai dengan Perka Kepala BNPB No.4 Tahun 2019.

Pudalops mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, penyiapan, pengolahan data dan analisis pemantauan potensi ancaman bencana, pengembangan sumber daya, diseminasi informasi, pelaksanaan komunikasi kedaruratan dan rekomendasi operasi penanganan darurat bencana yang di pimpin oleh Kepala Pusdalops dan bertanggung jawab langsung kepada Sestama dan Kepala BNPB. 

Disamping itu Pusdalops BNPB terdiri dari Bidang Dukungan Kaji Cepat dan Perencanaan Operasi, Bidang Pengendalian Taktis dan Evaluasi Operasi, Subbagian Tata Usaha dan Kelompok Jabatan Fungsional.

Saat ini kami sedang berbenah diri, termasuk menyiapkan Call Centre untuk mendukung kegiatan penanggulangan bencana, memudahkan dalam koordinasi antar lembaga dan daerah, jelas Kabid Pengendalian Taktis dan Evaluasi Operasi. 

Pusdalops BNPB

Graha BNPB Lt.11 – Jl.Pramuka Kav.38, Jakarta Timur 13120

Wed, 15 Jan 2020 @20:37


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 swararesi.com · All Rights Reserved