MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

Satgas Bencana Nasional P3AU, Anggota Desk Relawan BNPB , membuka Posko dan Portal Informasi Mitigasi Banjir didaerah terdampak Halim PK Kecamatan Makasar Jaktim.

image

Swararesi.com ( 11/1/2020). Satgas Bencana Nasional P3AU, Anggota Desk Relawan BNPB , membuka Posko Portal Informasi Mitigasi Banjir didaerah terdampak Halim PK Kecamatan Makasar Jaktim. Koordinator satgas Bencana P3AU  Ferdinand L Tobing (Feri) sejak awal Januari 2020 telah mengadakan sosialisasi ke RT/RW di Kelurahan Kampung Pulo dan Halim PK Kecamatan Makasar atas kehadiran portal berita bencana www.swararesi.com serta akan diselenggarakannya pelatihan penggunaan Aplikasi Respon Bencana Desk relawan dari BNPB

Menurut Tobing , masyarakat terdampak banjir perlu informasi seluas mungkin dari semua stakeholder yang bergerak dibidang mitigasi bencana sehingga masyarakat akan lebih paham dan siap mengantisipasi bencana khususnya  banjir akibat prakiraan curah hujan yg ekstrim  berdasarkan informasi dari BMKG  diperkirakan akan terjadi sampai dengan bulan April 2020 nanti.

Satgas PB P3AU yang sebelumnya berkantor di Gedung APCI Jl.Trikora Raya Halim Perdanakusuma, telah operasional sejak tahun 2007 dengan melibatkan keluarga AU yang berada disekitar Lanud diseluruh daerah yang ada cabang P3AU untuk ikut berpartisipasi aktif membantu masyarakat yang terdampak bencana khususnya pengembangan kapasitas SDM dibidang informasi dan komuni kasi (infokom).

Mabes TNI AU pada tahun 2011 atas rekomendasi dari KASAU telah memberikan Posko Satgas PB P3AU di Pondok Gede Halim Perdanakusuma Jakarta Timur.

Anggota Satgas P3AU telah ikut latihan kebencanaan baik dari TAGANA Kemensos, BNPB untuk kegiatan phisik dilapangan maupun seminar, workshop dan binmtek kebencanaan baik secara lokal maupun Internasional.

Lembaga ini bersifat swadaya baik dari kalangan anggota P3AU maupun pembina P3AU seperti Mabes TNI AU, Ketum PPAU Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto sejak beliau menjabat Menkopolhukam, Kementerian Pertahanan, Dan Lanud didaerah yg terdampak bencana dan donatur pihak lain.

Dalam waktu dekat Tobing yang telah mendapat sertifikasi penggunaan Aplikasi Respon Bencana,  akan menginisiasi pelatihan pengggunaan Aplikasi Respon Bencana kepada relawan keluarga AU di daerah terdampak banjir di Jabodetabek bekerjasama dengan MPBI, Save The Children, Kwarnas Pramuka dan BNPB.

BNPB atas inisiasi Kepala Badan BNPB Letnan jJnderal TNI Doni Monardo, telah memfasilitasi Ruang Desk Relawan di gedung BNPB Jl. Pramuka Jakarta dimana Satgas Bencana P3AU masuk dalam Desk Relawan tersebut dan terlibat aktif sejak dibentuk awal januari 2020 menghadapi bencana banjir.

Tobing yang aktif di Ikatan Ahli Kebencanasn Indonesia (IABI) , mantan Pengurus Pusat Senior  Organisasi OKP  PPM (Putra Veteran LVRI) dan KB FKPPI dan Kabid Infokom P3AU Pusat mengundang dan menghimbau keluarga besar AU untuk ikut berpartisipasi dalam membantu Pemerintah dalam menanggulangi bencana banjir dan longsor dengan ikut aktif melaporkan keadaan mitigasi bencana banjir didaerahnya masing-masing.

Sun, 12 Jan 2020 @15:13


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 swararesi.com · All Rights Reserved