MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

Menaker : Penerapan K3 di Tengah Revolusi Industri 4.0 Masih Hadapi Banyak Tantangan.

image

swararesi.com (13/1/2020) Kementerian Ketenagakerjaan dalam memperingati Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja ke 50 menggelar beragam acara di kawasan CFD Monas dengan tema 'Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi'. Minggu (12/1/2020).

Dalam acara Peringatan 50 Tahun K3 dengan tagline 'Unggul Indonesia Maju' itu, banyak peserta yang hadir dan memeriahkan momen kali ini.

Mereka tidak hanya mengikuti fun walk, namun juga beberapa kegiatan menarik lainnya.


Pada kesempatan itu Menaker, Ida Fauziyah menyatakan bahwa Penerapan K3 di Tengah Revolusi Industri 4.0 Masih Hadapi Banyak Tantangan. Ida mengatakan salah satu tantangan baru itu adalah revolusi industri yang bergerak sedemikian cepat Oleh karena itu diperlukan inovasi, otomatisasi, internet of things, artificial intelligence dan fleksibilitas pola kerja.

Salah satu tantangannya adalah kesiapan tenaga kerja Indonesia dalam menghadapi digitalisasi.

"Sebagaimana kita ketahui, desrupsi berupa digitalisasi dan otomatisasi tersebut berdampak pada hilangnya banyak jenis pekerjaan dan memunculkan jenis-jenis pekerjaan baru, fenomena ini berdampak pada timbulnya jenis potensi bahaya baru dalam dunia ketenagakerjaan," ujar Ida Fauziyah.

Ida mengungkapkan diperlukan strategi pengendalian yang lebih efektif, efisien serta inovatif dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. (fredi)

 

Sun, 12 Jan 2020 @12:37


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 swararesi.com · All Rights Reserved