MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

Evaluasi Pilkada Oleh Desk Pilkada Kemendagri : Penyelenggara Pilkada secara serentak tanggal 27 Juni 2018, secara umum, keseluruhannya dianggap berjalan aman dan lancar.

image

Evaluasi Pilkada Oleh Desk Pilkada Kemendagri :Kepala Puspen Kemendagri  Dr. Drs. Bahtiar, M.Si  dalam Konferensi Pers di Press Room Kemendagri (28/6/18)  menyatakan bahwa Penyelenggara Pilkada secara serentak pada  tanggal 27 Juni 2018, secara keseluruhan dianggap sukses dan berjalan secara aman.

Dasar Hukum pembentukan Desk Pilkada :

. UU No. 10/2016 Tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

. UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

. Permendagri No. 9 Tahun 2005, Pasal 6 Ayat (1) : Untuk pengendalian pelaksanaan Pilkada Dibentuk Desk Pilkada Provinsi dan Desk Pilkada Kabupaten Kota.

Adapun tolok ukur sukses Pilkada adalah terjaganya aspek stabilitas nasional, meningkatnya partisipasi pemilij serta memperkuat proses persiapan untuk memperoleh kepala daerah/wakil kepala daerah yang berintegritas.

Ada beberapa catatan Evaluasi Pilkada 2018.

Anatara lain : adanya Kejadian khusus dan daftar daerah yang terpantau tertunda Pemuingutan suaranya, antara lain di kab.Bone (1 TPS) tertunda karena banjir sehingga perlengkapan pemilihan rusak, Kab.Alor 1 TPS yang tertunda karena kotak suara telah dibuka terlebih dulu dan menunggu rekomendasi Panwa dan beberapa kabupaten lainnya seperti Kab. Sinjai, Kab Paniai , Kab.Cirebon dengan permasalahan yang dapat diatasi oleh pihak penyelenggara.

Khususnya isu pembakaran Kantor Panwa di Kabupaten Jayawijaya, tidak ada persoalan untuk pencoblosan dan tidak ada pembakaran Kantor Panwas.

(Ferdinand).

Fri, 29 Jun 2018 @14:04


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 swararesi.com · All Rights Reserved