MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

Kementerian Ketenagakerjaan RI menerbitkan buku pedoman penyusunan Struktur Skala Upah (SSU) versi pdf untuk menjangkau perusahaan secara Nasional dan 3 M (Murah-Mudah-Merata).

image

swararesi.com  10/4/18 (PPSDM- Pusat Pengembangan SDM Dirgantara) dan Fortapal (Forum Alumni TA Parlemen)  apresiasi kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI yang telah menerbitkan buku pedoman penyusunan Struktur Skala Upah (SSU) versi pdf untuk menjangkau perusahaan secara Nasional secara 3 M (Mudah-Murah-Merata).

Fortapal sejak tahun 2017 setelah keluarnya Permenaker No. 1/2017 tentang Struktur Skala Upah menyampaikan usulan kepada Mennaker dan. Dirjen PHI & Jamsos agar menuju digitalisasi training khususnya SSU agar didaerah dapat merata penyebaran informasinya mengingat penyelenggaraan Bimtek SSU sangat terbatas pesertanya.

Temuan di daerah dibeberapa Satker khususnya Dinas Ketenagakerjaan maupun Dinas Koperasi & UKM diperkirakan hanya mampu mengundang  peserta Bimtek SSU dibawah 5% dari ratusan ribu perusahaan yg ada di Jateng kurun waktu sejak keluarnya Permenaker No.1/2017 sampai akhir Desember 2017.

Banyak keluhan dari konsultan pendamping UKM (BDS) dan  perusahaan yang tidak terdaftar sebagai peserta Bimtek termasuk perusahaan UKM (sekala menengah) merasa ada ketidak adilan , karena Pemerintah Daerah menganggap anggaran Bimtek SSU untuk perusahaan UKM adalah urusan Dinas yang membidangi UKM artinya bukan beban anggaran Dinas Tenagakerja. Kalaupun perusahaan UKM ingin menerapkan SSU terpaksa mengikuti kursus atau training yang berbiaya tinggi.Perlu menjadi perhatian dari Para Gubernur/Bupati/Walikota atas keluhan ini karena pengusaha UKM yg ingin memahami SSU harus keluarkan biaya sendiri sedangkan perusahaan besar ikut sosialisai dan bimtek dibiayai pemerintah cq Dinas Ketenagakerjaan setempat.Diharapkan dgn online training didukung booklet versi pdf akan lebih effektif menjangkau lebih luas pengusaha semua strata dan menekan biaya proyek bimtek.Effisiensi biaya bimtek bisa dialihkan untuk membuat posko infokom SSU dikantor Dinas Naker dan UKM melayani dan memberikan penjelasan tutorial online untuk yang akan terapkan SSU.Secara lisan Ketua BDS/PPSDM Ferdinand Tobing sudah menyampaikan usulan ke Kepala Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi Prov Jawatengah.

Untuk itu dengan dimulainya Kemenaker menerbitkan Buku pedoman penyusunan SSU berbentuk pdf maka Fortapal melalui BDS (Lembaga Pendamping UKM) binaan Kemenkop UKM akan melakukan kerjasama untuk sosialisasi SSU secara 3 M ( Mudah, Murah Merata) mulai triwulan kedua dimulai di Provinsi Jawa Tengah, dengan harapan anggaran Bimtek SSU dapat lebih bermanfaat dan menjangkau peserta lebih banyak termasuk perusahaan UKM karena Permenaker No.1/17 mewajibkan penerapan SSU berlaku untuk semua skala usaha dan jenis usaha.

Diharapkan dalam RDP yang akan datang baik Komisi IX dan Komisi VI DPR RI membahas dengan mitra kerjanya Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Koperasi & UKM untuk mempercepat digitalisasi training.

Komentar dan masukan dapat diemail ke : fortapal@gmail.com

Mon, 9 Apr 2018 @19:42


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Berita Terhangat Minggu Ini
Copyright © 2018 swararesi.com · All Rights Reserved