MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

Ketua DPR : Kriteria Panglima TNI Zaman Now melekat pada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

image

Koordinator Tim Penerbitan buku Panglima Zaman Now - Profesional dan Rendah Hati,  dari Forum Peduli Putra Putri Angkatan Udara (P3AU)  Ferdinand Tobing yang pernah bermukim di Lanud Abd Saleh Malang era 1960 - 1970, mendapat konfirmasi dari Ketua DPR  Bambang Susatyo SE. MBA  bahwa  Kriteria Panglima TNI Zaman Now  melekat pada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Konfirmasi didapat langsung dari Ketua DPR Bambang Susatyo usai membuka Seminar Nasional Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI di Ballroom Mercure Hotel Ancol Jakarta ( 21/3/18).

Ketua DPR menjelaskan beberapa kriteria Marsekal TNI Hadi Tjahjanto disebut Panglima TNI Zaman Now, antara lain : 

1. Humble (Rendah Hati) .

2. Sigap dan Cepat tanggap  dalam menghadapi masalah krusial.

3. Perhatian lebih kepada  Masyarakat.

4. Perhatian lebih kepada bawahan.

5. Komunikatif.

6. Terbuka.

7. Profesional.

8. Modern.

Hal ini dilihat dan dialami langsung oleh Ketua DPR saat pernah bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mendatangi lokasi penangkapan kapal penyelundup Narkoba serta mendatangi Gereja Katolik di Sleman DIY saat mengalami musibah beberapa waktu yang lalu. Masih banyak lagi pengamatan Ketua DPR yang menyimpulkan Hadi Tjahjanto tepat disebut Panglima TNI Zaman Now.

Konfirmasi dilakukan Ferdinand untuk melengkapi penelitiannya dalam rangka penerbitan buku " Panglima TNI Zaman Now - Profesional dan Rendah Hati ". Penelitian ini telah dilakukan sejak Januari 2018 dan Ferdinand telah mengunjungi langsung sekolah Hadi Tjahjanto di Pagas Singosari (SMP 3) dan Lawang (SMA 1) serta bertemu Kepala Sekolah dan Guru teman Hadi satu kelas di SMA 1 Lawang.Kemudian akan dilanjutkan kunjungan ke AAU di Yogjakarta. Ferdinand juga akan menemui teman sekelas yang saat ini menjabat wakil dekan di Fakultas Kedokteran Hewan IPB Bogor Prof. Drh.Agus Setiyono Ph.D, APVet di Bogor. 

Temuan sementara  bahwa salah satu faktor keberhasilan karier Hadi Tjahjanto dikarenakan bersekolah di Sekolah yang berkwalitas baik saat SMP maupun SMA. Ferdinand menemukan benang merah bahwa SMA 1 Lawang saat Hadi Tjahjanto menjadi siswa, adalah Filial dari SMA Negeri 3 Malang. Seperti diketahui SMA Negeri 3 Malang adalah salah satu SMA yang menjadi favorit /standar Internasional dan telah meluluskan siswa yang berhasil karirnya di Pemerintahan maupun Institusi lainnya baik sebagai Menteri dan petinggi lainnya baik militer maupun sipil termasuk menjadi Gurubesar/Profesor di beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Konfirmasi didapatkan juga dari Deputi Staf Kepresidenan Ibu Jaleswari P yang dikenal juga pakar analisis militer. Jaleswari saat peluncuran buku Anak Sersan Jadi Panglima di Jakarta beberapa waktu lalu yang memberikan kriteria Hadi Tjahjanto sebagai Panglima Zaman Now antara lain, Komunikatif, Transparan, Profesional,Sederhana,  bersinergi baik dengan Polri, Memperhatikan kesejahteraan prajurit termasuk didaerah perbatasan. 

Ferdinand menjelaskan buku ini rencananya akan diterbitkan dalam bentuk E-Book agar dapat menjangkau masyarakat luas dengan konsep 3 M ( Mudah-Murah-Merata). Sehingga tujuan diterbitkan buku ini untuk menjadi motivasi dan inspirasi bagi generasi muda yang akan menapaki kariernya dengan tetap semangat walaupun dari keluarga sederhana dengan kemampuan ekonomi terbatas serta sekolah didaerah kabupaten bukan di kota besar, seperti yang dialami Hadi Tjahjanto yang berhasil mencapai jabatan tertinggi di kemiliteran sebagai Panglima TNI.

Ferdinand sudah mengenal  Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sejak beliau menjabat Danlanud Adi Sumarmo Solo, dimana saat itu Ferdinand sebagai Ketua Bidang Infokom P3AU melakukan study pembuatan portal angkasanews.com (saat ini menjadi swararesi.com media Putra Dirgantara) berkoordinasi dengan Puskom UNS Solo yang telah bekerja sama dengan Lanud Adisumarmo dalam pengembangan IT atau website di lingkungan PIA TNI AU di Solo.

(Bersambung....)

(Foto Istimewa Dokumentasi Biro Pemberitaan DPR RI).

Sat, 24 Mar 2018 @14:23


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Berita Terhangat Minggu Ini
Copyright © 2018 swararesi.com · All Rights Reserved