MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

(Rubrik Opini) : Forum EMSDM (Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia) & BDS akan mengadakan diskusi awal tahun dengan topik "Dampak Penerapan Struktur Skala Upah di Perusahaan Skala UKM didaerah "

image

swararesi.com 3/1/18. Forum EMSDM yang terdiri dari Komunitas Anggota ISEI (Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia)  bekerjasama dengan BDS/Lembaga RESI (Riset Ekonomi Sosial Indonesia ) rencananya akan menyelenggarakan diskusi terbatas membahas Penerapan Struktur Skala Upah (SSU) di perusahaan skala UKM didaerah.Kegiatan yang diikuti pemerhati dan  Pendamping UKM dari BDS di Jawa Tengah , direncanakan diadakan diruang diskusi Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Semarang (Bila telah selesai di renovasi oleh BI)

Menurut Koordinator Diskusi Forum EMSDM,F.L.Tobing, Nara Sumber antara lain dari Forum Riset Ekonomi Sosial Jawa Tengah,ISEI, Forum Praktisi Remunerasi serta Hubungan Industrial Disnakertrans dan DisKopUKM Provinsi Jawa Tengah.

Sejak diwajibkannya setiap perusahaan menerapkan SSU sementara terjadi "kegamangan" dikalangan Praktisi maupun Pendamping UKM mengenai resistensi yang terjadi terhadap Permenaker tersebut khususnya dikalangan pelaku UKM. F.L.Tobing yang juga Periset dari RESI , sebelumnya telah melakukan " Roadshow " kebeberapa daerah di Jawa Barat Jawa Tengah , DIY Yogyakarta dan Lampung untuk mendapatkan masukan dari para pelaku UKM maupun Pendamping UKM/BDS (Business Development Servise /Lembaga pendamping UMKM besutan Kemenkop UKM sesusai amanat UU UMKM No.20 tahun 2008 dan PP/2008 khususnya pasal 15 tentang Lembaga Layanan Pengembangan Usaha/BDS).

BDS di Jawa Tengah ada diseluruh Kabupaten/Kota antara lain BDS PSP'KUMKM LPP UNS Solo. F.L.Tobing pada Tahun 2016 di LPP UNS Solo,  mengikutkan makalah Penerapan dan Manfaat SSU di UKM berdasarkan study Empirik saat mendamping salah satu perusahaan UKM didaerah.

Selanjutnya F.L.Tobing  yang juga Ketua BDS Swararesi merupakan BDS Angkatan 1 (2001) dari Kementerian Koperasi & UKM telah mewawancarai dan mendapatkan masukan dan pandangan dari Ketua Harian  DPP APINDO Hariadi B.  Sukamdani  mengenai effektifitas penerapan SSU dikalangan UKM anggota APINDO.

Tujuan diskusi ini untuk mendapatkan masukan dari para stakeholder bidang SDM khususnya pendamping UKM, dengan harapan disepakati bahwa penerapan SSU itu Mudah,Murah dan Mandiri (3M). Sehingga penerapannya tidak akan berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan usaha UKM khususnya dan perekonomian didaerah.

 

(HRT). Komentar dan masukan sangat diharapkan dan dapat melalui email : redaksi@swararesi.com

Wed, 3 Jan 2018 @15:32


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 swararesi.com · All Rights Reserved