OPINI : OnlineTraining PPM Manajemen,tekan "Labor Cost" secara Nasional.Biaya Training SDM-Struktur Skala Upah,ada yg pasang tarif Rp.6Juta/orang ,ditekan hanya Rp.500.000,- .Menaker perlu reduksi biaya proyek latihan klasikal ke digital

image

swararesi.com 2/10/17 Koordinator Forum Alumni Program Pengembangan Eksekutif PPM Manajemen, F.L.Tobing mengapresiasi program Online Training PPM Manajemen,yang dapat menekan "Labor Cost" secara Nasional. Sebagai contoh ditemukan Biaya Training SDM-Struktur Skala Upah ,ada yang pasang tarif Rp.6Juta/pax ,dengan mengikuti Online Training  PPM Manajemen bisa ditekan hanya Rp.500.000,-disamping effisiensi waktu dan effektivitas dengan jangkauan secara Nasional.Menteri Ketenagakerjaan  perlu reduksi biaya proyek sosialisasi dari klasikal ke digital, bekerjasama dengan Menkominfo untuk digitalisasi training sehingga Effisiensi yang diharapkan Presiden Jokowi dapat terlaksanan disamping tidak hanya Manajer SDM saja yang mampu mengikuti Training yang mahal di hotel berbintang, tetapi para pekerja baik aktivis serikat pekerja maupun pekerja yang akan masuk dalam Tim Analisa Jabatan diPerusahaan, mampu mengikutinya atas biaya serikat pekerja, sehingga diharapkan dicapai "ekualisasi" kompetensi antara Manajer SDM dengan Wakil Pekerja, yang akan menghasilkan  disain struktur dan skala upah hasilnya berkeadilan tidak sepihak hasil interpretasi Manajemen saat menentukan "ponit" untuk menyusun grading strukrtur upah. Hasilnya juga dapat menjadi rujukan saat negosiasi pengupahan secara Bipartit antara Manajemen Perusahaan dan Wakil Pekerja..

Hasil temuan F.L.Tobing didaerah rata-rata Dinas Tenaga Kerja Provinsi  merasa belum berhasil melakukan sosialisasi keperusahaan-perusahaan didaerahnya karena anggaran APBN terbatas hanya dapat mengikut sertakan 100 perusahaan saja (Dinas Naker DIY Yogjakarta)  karena tingginya biaya Hotel berbintang serta akomodasi. Disamping itu sampai saat ini belum ada Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kemenaker untuk Tata Cara pengajuan pengesahan Peraturan Perusahaan di Dinas Tenaga Kerja didaerah donisili Perusahaan tersebut.

Menjelang diterapkannya Sanksi terhadap perusahaan yang harus menerapkan Struktur Skala Upah , F.L.Tobing melakukan "Road Show" kebebrapa Provinsi antara lain ke Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Barat , DKI Jakarta dan DIY Yogyakarta selama bulan September 2017.

Ditemukan juga beberapa Lembaga Pelatihan swasta yang berlomba-lomba "jualan" training Struktur Skala Upah (SUSU)  dengan biaya berkisar antara Rp. 750.000,- sampai dengan Rp. 6.000.000,-/perpeserta , dengan "menakutnakuti" akan adanya sanksi dari Pemerintah bila tidak menerapkannya  SUSU diakhir Oktober 2017, padahal materi dan konten training SUSU adalah produk dari Direktorat Pengupahan , Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Dengan adanya contoh salah satu Lembaga Training terkemuka seperti PPM Manajemen mampu mendisain online training dengan biaya terjangkau, tentu Kemenaker dapat segera merubah pola sosialisasi dari klasikal ke digital.

Tawaran yang pernah diberikan Menkominfo beberapa waktu lalu yaitu bersedia membantu Kemenaker membuat aplikasi digitalisasi online training bisa dimulai training SUSU perlu segera dimanfaatkan Kemenaker.Anggaran tidak harus tergantung kepada APBN, bisa menggandeng BUMN melalui program CSR untuk membuat aplikasi tersebut mengingat tujuan akhirnya SUSU adalah untuk menciptakan upah berkeadilan kepada pekerja secara Nasional sesuai program Presiden Jokowi.

F.L.Tobing beberapa tahun lalu mendengar paparan Direktur Pengupahan Kemenaker didepan para wakil serikat pekerja di Gedung Juang (2016) bahwa Kemenaker akan membuat CD (Berisikan materi cara menyususn SUSU)  berisikan training SUSU.Tentu niat baik ini kita tunggu.

Bagaimana pendapat anda ? Silahkan email ke : redaksi@swararesi.com

(Opini oleh Litbang swararesi.com . F.L.Tobing adalah mantan Tenaga Ahli Komisi IX DPR RI, Praktisi (Pernah Jabat Remuneration Manager dan memimpin penyusunan SUSU Grading di Perusahaan Industri Manufacturing MNC dengan 1000 karyawan, di Jawa Barat , Akademisi dan saat ini Konsultan SDM)

Tue, 3 Oct 2017 @20:12


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 6+6+7

Copyright © 2017 swararesi.com · All Rights Reserved