MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

MAPI (Masyarakat Peduli Informasi) : Masih ditemukan adanya Perusahaan Terbuka yang tidak melakukan Publik Ekspose (PE), usai melakukan RUPST&LB.

image

Koordinator MAPI (Masyarakat Peduli Informasi)  F.L.Tobing  : Masih ditemukan adanya Perusahaan Terbuka yang tidak melakukan Publik Ekspose dengan alasan tidak jelas.PT.SP Tbk usai melakukan RUPST&LB di Hotel Paninsula (16/6/17) diduga membatalkan rencana melakukan Publik Ekspose yang lazimnya juga dihadiri Media.

Adalah suatu kewajiban bagi perusahaan, khususnya perusahaan publik (emiten) untuk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), baik yang harus diselenggarakan secara tahunan (RUPST) maupun sewaktu-waktu sesuai kebutuhan dan kepentingan emiten yaitu RUPS Luar Biasa (RUPLB). Selain RUPST dan RUPSLB, ada kegiatan lain yang juga wajib digelar emiten, yaitu paparan publik atau public expose.

Pada umumnya, agenda kegiatan public expose tahunan dilaksanakan emiten serangkaian dengan acara RUPST. Jadi public expose dilaksanakan setelah RUPST dan biasanya dalam kesempatan itu emiten juga menyampaikan kepada publik atas keputusan-keputusan yang dihasilkan dalam RUPST. PT Bursa Efek Indonesia (BEI) begitu concern dengan pelaksanaan public expose tersebut, sebab merupakan salah satu bentuk transparansi dan keterbukaan informasi emiten kepada seluruh masyarakat khususnya para investor publik.

Ketentuan tentang public expose tersebut tertera jelas pada bagian V, Peraturan Bursa Efek Indonesia Nomor I-E Tentang Kewajiban Penyampaian Informasi. Sebelum membahas lebih rinci tentang ketentuan atau tata cara pelaksanaan public expose tersebut ada baiknya kita ketahui definisi dari public expose tersebut. Public Expose adalah suatu pemaparan umum kepada publik untuk menjelaskan mengenai kinerja Perusahaan Tercatat (emiten) dengan tujuan agar informasi mengenai kinerja perusahaan tersebut tersebar secara merata.

Untuk itu Koordinator MAPI sudah mengirimkan surat elektronik ke Dirut PT.SP Tbk meminta klarifikasi alasan membatalkan Publik Ekspose tersebut, sebelum melaporkan ke pihak BEI.

(Fredi/Hartono).

Fri, 16 Jun 2017 @12:56


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 swararesi.com · All Rights Reserved