MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

Dalam rangka ikut menyambut HUT ASPEK (Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia) ke 17, Swararesi Unit Konsultasi & Training sosialisasikan Sistem Pengupahan yang berkeadilan untuk pekerja.

image

swararesi.com 18/2/17 Sebagai rasa syukur atas Hari Jadi ASPEK ke 17, Media Swara RESI (Riset Ekonomi Sosial Indonesia) ikut berpartisipasi dengan menggelar bimbingan dan pelatihan secara online penyusunan Struktur Skala Upah (SSU).  yang sejak Tgl. 1 Januari 2017 oleh pemerintah diwajibkan diterapkan diperusahaan sesuai peratutan perundangundangan dibidang ketenagakerjaan.

Pekerja pada umumnya sangat berterimakasih atas perjuangan para aktivis serikat perkeja (termasuk ASPEK) yang berjuang bahu membahu secara nasional untuk mendapatkan upah yang layak kepada para pekerja dengan Upah Minimum yang tidak murah.

Saatnya para pekerja meningkatkan kesejahteraannya melalui mendapatkan Upah Yang Adil. Pemerintah melalui peraturan perundang-undangan dibidang ketenaga kerjaan telah menetukan agar setiap perusahaan diwajibkan untuk menerapkan Sistem Pengupahan yang berkeadilan melalui kewajiban menyususn Struktur Skala Upah terhitung sejak 1 Januari 2017.  Swararesi menemukan dilapangan bahwa banyak perusahaan yang berusaha menghindar dari kewajiban ini dengan dalih rumit dsb. Padahal hasil kajian litbang swararesi untuk menyusun SSU dapat disederhanakan disesuaikan dengan skala usaha dari perusahaan.

Adapun esensi dari SSU adalah agar pengupahan atau penggajian disuatu perusahaan  bersifat transparan dan terciptanya keadilan yaitu antara pekerja rendahan (pelaksana) rasion pendapatannya dibandingkan dengan Masnager atau Direksi tidak terlalu ekstrim perbedaannya.Sehingga diharapkan distribusi pendapatan dapat terukur dan adil.

Permasalahannya sadarkah para pekerja bahwa SSU sangat penting dipahami untuk diterapkan ? lalu bagaimana teknik atau cara meyakinkan Manajemen.Untuk itu swararesi mencoba membagi pengalamannya hampir 30 tahun dibidang pengembangan Manajemen SDM.

Dalam suatu diskusi media di Wisma Antara beberapa waktu yang lalu dengan pimpinan Serikat Pekerja antara lain dengan  Presiden DPP ASPEK Mirah Sumirat SE, Litbang Swararesi F.L.Tobing coba meyakinkan para aktivis SP bahwa disamping memperjuangkan Upah Layak dengan unjukrasa menolak upah murah, juga perlu diikuti memperjuangkan upah yang berkeadilan melalui SSU.

Demikian juga dengan Presiden KSPI Iqbal MSi berkalikali dalam berbagai kesempatan F.L.Tobing selalu mengingatkan pentingnya pemahaman SSU kepada pekerja untuk mendapatkan haknya secara adil dan transparant, untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja secara terintegrasi.

Bagaimana pendapat anda ? Kirimkan email  ke redaksi@swararesi.com (demi effektifita kolom tanya jawab ini dikhususkan untuk pekerja yang masih aktif bekerja diperusahaan dengan mencantumkan identitas pribadi maupun perusahaan tempat bekerja)

Berita Foto Fredi.

Sat, 18 Feb 2017 @21:56


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 swararesi.com · All Rights Reserved