MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

Menimbang kembali gagasan Revisi UU ASN

image

Terkait rencana revisi UU No.5/2014 tentang ASN yang telah disetujui DPR, Lembaga Administrasi Negara (LAN) sepakat, namun arahnya bukan dalam konteks penghapusan dan pembubaran Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tetapi lebih bersifat penyempurnaan, penguatan dan pemberdayaan KASN.

Deputi Kajian kebijakan LAN, Dr. Muhammad Taufiq, DEA, dalam diskusi media di auditorium LAN (1/2/17) berpendapat bahwa agenda revisi ini bertolak belakang dengan kondisi yang ada. Institusi DPR dengan fungsi yang ada yaitu pengawasan justru harus mendukung reformasi birokrasi dengan mengawal implementasi system reformasi kepegawaian yang dikehendaki dalam UU ASN.

Untuk itu perlu didorong kebijakan penyempurnaan instrumen kebijakan guna mendukung pelaksanaan UU ASN.karena persoalan-persoalan yang dipermasalahkan adalah terkait teknis implementasinya.beberapa rekomendasi yang dapat disampaikan adalah :

 1. Penyempurnaan mekanisme open recruitment/open bidding ( lelang jabatan).

 2. Penguatan dan pemberdayaan KASN.

 3. Pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi CPNS melalui mekanisme seleksi.

Pembicara yang hadir dalam diskusi  yaitu : Dari Komisi III DPR RI Akbar Faisal (Ikut membidani lahirnya UU ASN), Komisioner KASN, Dr.Nuraida Mokhsen , M.A,, Assisten Deputi SDM KemenPAN&RB Abba Subagja,  Koordinator ICW Adnan Topan Husodo dan Dr. Muhammad Taufiq , DEA  Deputi kajian Kebijakan LAN. Diskusi tersebut dimoderatori Drs. Riyadi M.Si , Kapus Kajian Desentralisasi dan otonomi Daerah LAN.

Berita Foto fredi

Wed, 1 Feb 2017 @19:02


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 swararesi.com · All Rights Reserved