MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

Catatan Mediawatch 2016 : Semoga Dewan Pers dan PWI tidak "tajam kebawah" tapi "tumpul keatas".

image

Tantowi Yahya, Tgl. 26/10/16 meminta Dewan Pers dan PWI harus menindak oknum awak media sesuai UU Pers 40/1999 , tanpa melihat besar kecilnya media, bila memang terbukti melakukan pelanggaran kode etik dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

Tantowi Yahya menyatakan hal tersebut kepada swararesi.com saat ditemui di DPR pada Tanggal 26/10/16,   ketika dikonfirmasi Terungkapnya dugaan oknum media cetak Nasional yang melakukan pungli  untuk membuat berita citra positif perusahaan bermasalah disidang pengadilan Tipikor seperti yang dilansir LKBN Antara.

Lihat berita swararesi.com tgl. 26/10/16 ( http://swararesi.com/article/181357/tantowi-yahya-komisi-i-dpr-ri--bila-benar-ada-oknum-media-nasional-lakukan-pungli-untuk-pencitraan-perusahaan-bermasalah-di-tipikor-maka-dewan-pers-harus-bertindak-sesuai-uu-pers.html )

Berita tersebut terungkap seperti yang dilansir  Antara Rabu, 19 Oktober 2016   ( http://www.antaranews.com/berita/591133/saksi-lippo-biayai-pencitraan-positif-nurhadi )

Koordinator Media watch F.L. Tobing saat yang sama mengharapkan Dewan pers harus membentuk Tim Siber Pungli di lingkungan Media Nasional maupun Lokal, karena Perintah Presiden Jokowi untuk menghapus Pungli akan mengalami hambatan bila ada oknum awak media yang melakukan pungli walaupun dengan kemasan berbentuk apapun untuk pencitraan perusahaan yang sedang bermasalah dengan hukum.

Hanya saja walaupun Dewan Pers telah diberitahukan via Media elektronik mengenai tindak lanjut kasus tersebut, sampai Tahun 2016 berakhir, belum ada respons secara terbuka dimedia masa nasional.

Menurut F.L.Tobing saat memberikan catatan Mediawatch Swararesi.com 4/1/17 mengingatkan pentingnya klarifikasi Dewan Pers dan PWI.  karena diduga pelaku atau oknum wartawan media yang melakukan tindakan tidak etis tersebut adalah dari media yang dengan ketat melakukan ujian sertifikasi jurnalisnya.Walaupun sudah ada satu Media yang melakukan klarifikasi, tetapi secara responsif seharusnya Dewan Pers dan PWI proaktif melakukan investigasi dalam menghadapi tuduhan pelanggaran etika dianggotanya secara terbuka dan transparan.

Ditunggu keberanian semua pihak untuk mengembalikan citra Media dimata masyarakat, apalagi ditahun 2017 ini Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Media Internasional.

 

Berita foto Fredi

Thu, 5 Jan 2017 @12:37


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 swararesi.com · All Rights Reserved