MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

Ketua MPR: Bebas Visa Tidak Jamin Naiknya Wisatawan

image

Hal tersebut diungkapkan Zulkifli Hasan usai menjadi narasumber Sosialisasi Empat Pilar di Universitas Muhammadiyah Purworejo, Senin (26/12/2016).

"Saya rasa naiknya kuantitas kunjungan wisman ke Indonesia bukan karena bebas visa.  Kenaikan kuantitas wisman ke Indonesia adalah adanya rasa aman dan  nyaman. Jika rasa aman terjamin, rasa nyaman terjamin dan fasilitas terjamin maka akan menaikan kuantitas wisman di Indonesia," ujarnya.

Hal senada juga telah diungkapkan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK).  HNW dan JK seirama mendorong dan mendukung evaluasi kebijakan bebas visa. 

JK berpendapat kebijakan tersebut bukan tanpa persoalan. Salah satunya penyalahgunaan izin tinggal, dengan dalih wisata. "Jika tidak bermanfaat ya evaluasi saja," katanya.

HNW dalam kesempatan lain menekankan bahwa kebijakan bebas visa harus melihat asas resiprokal yakni timbali balik, kesetaraan dan rasa keadilan. "Jika resiprokal tidak ada ya kebijakan itu akan banyak mudharatnya daripada manfaatnya lebih baik di evaluasi," tuturnya.

 

Berita Foto Istimewa

Tue, 27 Dec 2016 @16:25


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 swararesi.com · All Rights Reserved