MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

Diskusi Akbar Aliansi Kebangsaan Mozaik Keindonesiaan Tercabik dibahas di Ulang Tahun ke 6.

image

Diskusi Akbar Aliansi Kebangsaan ‘Mozaik Keindonesiaan Tercabik’ di Ulang Tahun ke 6, (Tgl. 18/11/16) hadirkan beberapa nara sumber, antara lain Pontjo Sutowo (Ketum Aliansi Kebangsaan), Hartono Laras (Dirjen Pemberdayaan Kementerian Sosial), Prof. Dr. Komaruddin Hidayat (Cendekiawan/Pejuang Pendidikan), Romo Mudji dan Yudi Latif sebagai moderator.

Hingar bingar masalah sosial politik belakangan ini sangat menyakitkan dan mengkhawatirkan jika cita-cita berbangsa ini dikhianati. Contohnya sekarang adanya kasus agama yang terjadi ramai sekarang ini, jika agama dicampur adukan dengan politik, maka yang terjadi akan rusak berantakan, sehingga ekonomi, poltik dan budaya kita mundur, ujar Komaruddin.

Jangan karena sepercik api bisa membakar rumah bangsa yang sedemikian besar dan indah. Gara-gara kesalahan satu orang, pemerintah dan masyarakat dibuat sibuk saling berantem. Sehingga dibutuhkan jalan keluar yang cerdas, terhormat dan legowo demi kepentingan bangsa yang jauh lebih besar, dengan tetap menghargai undang-undang atau peraturan yang berlaku disatu sisi dan aspirasi masyarakat pada sisi yang lain.

Untuk Menghadapi situasi dan dinamika lokal, nasional dan global yang saling berhimpitan, tugas negara memang berat, mesti tegas dan bijak.

Ormas keagamaan yang selama ini aktif mengkritik pemerintah, perlu dipertimbangkan untuk mendirikan partai politik saja agar lebih jelas dan legal koprahnya, lalu ditawarkan pada rakyat visi dan programnya.

Umat Islam dalam sejarah nusantara punya andil besar dalam melahirkan dan membangun Republik sebagai Negara hukum, sehingga implikasi moral poltiknya umat Islam juga harus berdiri paling depan dalam menjaga dan mengawal tegaknya hukum. Bernegara itu berkonstitusi, konsekuensinya kita mesti dukung supremasi hukum dan mentaatinya.

Berita Foto Hartono

Wed, 23 Nov 2016 @11:14


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 swararesi.com · All Rights Reserved