MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN DUKUNG KEMAJUAN IPTEK, KKP KUKUHKAN TIGA PROFESOR RISET

image

Dalam acara pengukuhan yang dilaksanakan Selasa (22/11),

​Kepala Badan Litbang KP, M. Zulficar Mochtar mewakili ​Menteri Kelautan dan Perikanan mengucapkan selamat kepada Prof. Ris. Dr. Ir. Agus Heri Purnomo, M. Sc., Prof. Ris. Dr. Ir. Agus Djoko Utomo, M.Si., dan Prof. Ris. Dr. Dr. Ir. Ekowati Chasanah, MSc, atas dikukuhkannya mereka menjadi Profesor Riset.

 

 

Zulficar juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) beserta jajarannya yang mendukung perjalanan karir para peneliti, khususnya ketiga Profesor yang pagi ini dikukuhkan oleh Majelis Pengukuhan Profesor Riset.

 

Dalam sambutannya,

​Zulficar berharap riset ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan, riset perikanan tangkap, serta riset pengolahan hasil perikanan dapat mengembangkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa datang.

 

“Saya harap riset-riset ini dapat mendukung program konservasi sumber daya ikan, industrialisasi perikanan, dan banyak aspek terkait pengelolaan perikanan dan kelautan, sehingga dapat mempercepat tercapainya visi dan misi Pemerintah,” ujar

​Zulficar.

​Zulficar juga berharap Pengukuhan Profesor ini dapat memotivasi semua pejabat fungsional peneliti agar lebih produktif lagi. “Semoga karya-karya nyata dapat lebih banyak dihasilkan demi kebermanfaatan untuk bangsa dan negara,” ungkap ​Zulficar.

Dalam kesempatan yang sama,

​Zulficar juga menegaskan bahwa IPTEK adalah bagian integral dari seluruh pelayanan pada masyarakat. Dengan IPTEK, kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat dapat tercapai.

Hasil penelitian harus menjadi landasan utama penerbitan setiap kebijakan sehingga secara filosofis rasa keadilan maupun secara sosiologis dapat diterima oleh masyarakat karena bermanfaat bagi mereka.

​Zulficar menambahkan, IPTEK adalah wujud pengabdian pada bangsa dan negara.

“Terakhir, saya ingin mengajak kepada seluruh Profesor Riset, khususnya yang dikukuhkan hari ini, untuk memberikan karya terbaiknya bagi masyarakat Indonesia, dan bagi kejayaan bangsa dan negara, maupun bagi kelangsungan hidup berbangsa dan antar bangsa,” tutup

​Zulficar.

Profesor Riset adalah sebuah pencapaian Puncak Karir Fungsional seorang peneliti. Dari 537 orang peneliti Balitbang KP, hanya 62 orang yang mencapai Peneliti Utama dan hanya 15 orang Profesor Riset yang masih aktif serta 8 orang Profesor Riset yang sudah pensiun.

Wed, 23 Nov 2016 @06:32


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 swararesi.com · All Rights Reserved