MEDIAWATCH DIRGANTARA HUMAN CAPITAL-ASN Watch

Termohon DPR RI Tidak Pernah Hadir, MK Segera Tetapkan Putusan

image

Termohon dari DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) Republik Indonesia yang dinilai telah melakukan seleksi secara tertutup terhadap pemilihan Kepala Badan Keahlian DPR RI disengketakan ke Komisi Informasi Pusat (KIP) namun selama tiga kali persidangan Termohon maupun Kuasa Termohon belum sekalipun hadir.  Sidang Ajudikasi non litigasi dengan nomor sengketa 005/I/KIP-PS/2016 antara Pemohon Ferdinand H Lumban Tobing dengan Termohon DPR RI  dipimpin Ketua MK (Majelis Komisioner) KIP Yhannu Setyawan beranggotakan  Dyah Aryani dan Evy Trisulo dengan mediator John Fresly serta Panitera Pengganti Aldi Rano Sianturi digelar di Ruang Sidang lantai 5 KIP Jakarta pada Selasa (8/11).

Dalam persidangan itu, Pemohon meminta salinan surat ketua DPR RI ke Presiden RI: PW/12602/DPR RI/VII/2015 tertanggal 31 Agustus 2015 yang meminta agar seleksi penerimaan Ketua Badan Keahlian DPR RI dilakukan secara tertutup. Akibatnya menurut Pemohon, calon yang mendaftar hanya terbatas bagi yang sudah disasar oleh DPR RI, hal itu menjadikan calon dari publik tidak mendapatkan kesempatan mendaftar.

Pemohon menjelaskan bahwa seharusnya seleksi terhadap Ketua Badan Keahlian DPR RI dilakukan secara terbukan karena Badan Keahlian MPR juga dilaksanakan secara terbuka. Adanya pemilihan Ketua Badan Keahlian DPR RI secara tertutup dipastikan akibat surat yang dikirim Ketua DPR RI kepada Presiden sehingga Pemohon ingin mendapatkan salinan surat tersebut. 

MK dalam persidangan itu, hanya meminta kepada Pemohon segera membuat kesimpulan untuk diajukan kepada MK paling lambat tiga hari sebelum sidang putusan dilaksanakan nanti.

Thu, 10 Nov 2016 @19:00


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 swararesi.com · All Rights Reserved